• Berita Terkini

    Jumat, 15 Januari 2021

    "Sibusah dan Sibasuh" Bakal Hadir di Kebumen


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Menindaklanjuti dan mendukung program 100 Hari Bupati Terpilih, Pemkab Kebumen mulai membahas program unggulan yang akan dilaksanakan. Pembahasan dilakukan pada rapat bersama pejabat di Gedung F Kompleks Setda, Kamis (14/1/2021). Rapat dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah H Ahmad Ujang Sugiono. 


    Hadir dalam rapat tersebut Plt Asisten 1 H Amin Rachman Nuroshid, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala DPPKAD, Kepala Dinas Dukcapil, Kepala Dinas Perkim LH, Kabag Kesra dan Kemenag Kebumen. 


    Sekda Ujang menjelaskan terkait program 100 hari Bupati terpilih, Pemkab membutuhkan dukungan masyarakat. Adapun salah satu program unggulan yang akan dilaksanakan tersebut yakni Sibusah dan Basuh. "Dalam menjalankan programnya pemerintah tentunya sangat membutuhkan dukungan dari masyarakat,” jelasnya.


    Salah satu program yang akan dicanangkan dalam program 100 Hari Pertama Bupati terpilih H Arif Sugiyanto yakni Program Sibusah. Sibusah merupakan program untuk mewujudkan santri di Kebumen menjadi sehat dan berkah. Sekda H Ahmad Ujang juga menyebutkan dukungan yang pemkab harapkan juga datang dari para Pengurus Pesantren termasuk para santri di Kebumen.  "Untuk program  ini nantinya di pesantren akan di selenggarakan Pos Kesehatan Pesantren  (Poskestren) dan program lain untuk mendukung Pesantren Sehat," katanya.


    Sedangkan Basuh yaitu Program Bapak Asuh. Dimana sasarannya adalah santri pondok pesantren dari keluarga kurang mampu. Dalam hal ini bantuan berupa beasiswa bagi santri dari keluarga kurang mampu. "Beasiswa ini khusus bagi santri warga kebumen yang mondok," terangnya.


      Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan  Budi Satrio menyampaikan Ponpes merupakan salah satu bagian dari masyrakat Kabupaten Kebumen. "Warga pesantren juga harus diperhatikan untuk masalah kesehatan. Sebab santri merupakan calon pemimpin, jelasnya..


    Budi Satrio juga mencermati kondisi yang kerap terjadi di begitu banyak ponpes di Indonesia. Ini seperti adanya penyakit kulit yang kerap menimpa para santri. Untuk itu Program Pos Kesehatan Pesantren merupakan program yang sangat baik.


    Adapun program Sibasuh sementara akan dilaksanak di empat pondok pesantren. Ini meliputi Ponpes Mamba'ul Hisan Kecamatan Mirit, Ponpes Al Kahfi Kecamatan Kebumen, Ponpes Nurul Falah Kecamatan Sruweng dan An Nahdiyah Kecamatan Ayah. Sedang sebagai percontohan yaitu Ponpes Al Istiqomah Kecamatan Petanahan yang sudah menerapkan Program  Pesantren Sehat dan Poskestren. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top