• Berita Terkini

    Selasa, 12 Januari 2021

    Percepatan Ekonomi dan Penanganan Kemiskinan Jadi Prioritas di Tahun 2021


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-- Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meminta Pemerintah Kabupaten Kota mendorong pertumbuhan ekonomi serta menciptakan lapangan kerja sekaligus mendorong dan menarik investasi. Langkah ini diperlukan mengingat pandemi covid-19 sangat memberikan dampak di banyak sektor, salah satunya ekonomi.


    Halitu disampaikan Gubernur saat menggelar video conference Konsultasi Publik Rancangan Awal Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Jawa Tengah Tahun 2018-2023, Selasa (12/1/2021).


    Ganjar mengakui, pandemi memberikan dampak luas. Tak hanya dari sisi kesehatan, pandemi covid-19 juga telah memukul sektor perekonomian. Ganjar memastikan, angka kemiskinan di Jawa Tengah akibat covid-19.


    Oleh karena itu, Ganjar meminta para bupati walikota berikut jajarannya benar-benar fokus menata perekonomian dalam rangka mengurangi angka kemiskinan di Jawa Tengah. 


    "Diharapkan, semua stakeholder bisa menggenjot upaya entrepreneurship agar peluang usaha terbuka. Saya juga meminta seluruh pemangku kepentingan di Jawa Tengah dan kabupaten/kota mendorong pertumbuhan ekonomi, menciptakan lapangan kerja, mendorong dan menarik investasi, serta meningkatkan produktivitas," ujar Ganjar.


    Sementara itu, Pj. Sekda Provinsi Jateng Prasetyo Aribowo dalam kesempatan itu menyampaikan, forum seperti kemarin bertujuan menentukan arah kebijakan pembangunan Jateng. "Salah satunya, pada 2021 ini. Tahun ini ditujukan untuk percepatan ekonomi. Ini juga untuk untuk menyelaraskan antara RPJMD dengan RPJMN (Rencana Jangka Panjang Menengah Nasional)," katanya. 

    Sementara itu, Wakil Bupati Kebumen, H Arif Sugiyanto SH mengatakan, pembangkitan perekonomian pasca covid19 ini pihaknya akan memaksimalkan pemberdayaan UMKM. Selain itu Bumdes akan dioptimalkan untuk penjualan produk lokal. "Pemberdayaan UMKM ini yang nantinya menjadi perputaran ekonomi secara cepat," katanya.(fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top