• Berita Terkini

    Kamis, 14 Januari 2021

    Musim Bunga Akasia, Peternak Madu "Bungah"


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Musim hujan memang telah berlangsung lama. Kini telah tiba waktunya pohon akasia berbunga. Ditepi jalan atau diperkebunan kehutanan, banyak sekali ditemui tanaman akasia yang tengah berbunga. Hal tersebut menjadi keuntungan tersediri bagi para peternak lebah.


    Pollen. Ya pollen adalah serbuk sari atau benang sari. Ketersediaan pollen dialam menjadi hal yang sangat penting bagi para peternak lebah. Pollen berfungsi untuk meningkatkan koloni lebah. Sehingga koloni menjadi besar dan dapat dilakukan pemecahan koloni.


    Pemecahan dilaksanakan guna memperbanyak koloni lebah. Tanpa pollen, ratu lebah tidak akan bertelur. Jika bertelur pun tidak akan hidup menjadi larva dan berkembang menjadi lebah. Jika koloni terus menyusut dapat beresiko punah. Ini mengingat umur lebah hanya berkisar 60 hari saja.


    Salah satu peternak lebah, Albait  Nurfaozi (32) warga Kebulusan Pejagoan mengatakan Akasia memang merupakan salah satu bunga yang penting untuk menyediakan pollen. Pollennya berwarna kuning. Lebah akan mengambil dari bunga dan menyimpan di dalam sarang. “Jika sedang musim seperti ini ratu lebah akan banyak bertelur,” katanya, Kamis (14/1/2021).


    Ratu lebah tidak akan pernah makan selain Royal jelly. Ini didapat dari kelenjar yang ada pada lebah pekerja. Lebah pekerja akan mengeluarkan royal jelly jika ketersediaan pollen mencukupi. Hal ini pula yang membuat ratu lebah akan banyak bertelur. “Selain itu lebah pekerja juga akan menyediakan royal jelly untuk larva lebah. Sehingga larva dapat berkembang baik,” katanya.


    Saat musim pollen menang lebah akan sedikit menghasilkan madu. Untuk itu peternak tidak akan memanennya. Koloni lebah memang akan dibesarkan dan kemudian dilakukan pemecahan koloni. “Kali ini kita fokos untuk pembesaran koloni saja,” katanya.


    Sebaliknya, pada musim bunga yang banyak mengandung nektar, lebah tidak akan dipecah. Melainkan dipanen madunya. Lebah saat menghasilkan madu, biasanya koloninya akan menyusut. Hal tersebut kemudian dibenahi pada musim pollen berikutnya. “Itu sudah menjadi tradisi, dimana peternak lebah akan berpindah-pindah dalam menggembalakan lebahnya. Perpindahan dilakukan mengikuti dimana musim bunga berlangsung,” ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top