• Berita Terkini

    Rabu, 13 Januari 2021

    Masih Banyak Warga Langgar Protokol Kesehatan


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Kabupaten Kebumen kini tengah menekan angka penyebaran dan penularan Covid-19. Ini  dengan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). PPKM tersebut berlaku sejak 11 hingga 25 Januari 2021 mendatang. Namun demikian, hingga kini masih saja banyak warga maupun pihak swasta yang abai akan pentingnya protokol kesehatan sesuai PPKM. 


    Hal tersebut terlihat dari sejumlah operasi yustisi yang dilaksanakan di sejumlah titik Kabupaten Kebumen. Kapolsek Kebumen AKP Tarjono Sapto Nugroho disela-sela operasi yustisi di depan Kecamatan Kebumen mengaku prihatin dengan masih ditemukan banyak pelanggar protokol kesehatan. Terutama tidak mengenakan masker saat berkendara di jalan.  "Pelaksanaan operasi yustisi sehari 3 kali. Operasi kali ini kita dapati 25 pelanggar," katanya. 


    Terpisah, Kepala Bidang Penegakan Perda dan Perkada Satpol PP Kebumen Danang Dwi Hartanto mengungkapkan dalam masa penerapan PPKM masih ditemukan banyak pelanggar. Setidaknya ratusan warga melanggar dalam dua hari operasi yustisi gabungan. Pelanggaran berupa tidak mengenakan masker, berkerumun serta tidak menjaga jarak. "Pelanggar tidak pakai masker 45 orang, tidak jaga jarak 35 orang dan berkerumun 67 orang," katanya. 


    Danang menjelaskan, untuk pusat perbelanjaan dan rumah makan pun masih banyak melanggar pada awal penerapan PPKM. Dimana, pusat perbelanjaan diminta tutup lebih awal yaitu pukul 19.00 WIB. Sedangkan rumah makan tidak menerima kedatangan tamu dan hanya melayani delivery order ataupun take away.  "Hari pertama masih banyak, hari kedua sudah berkurang. Walaupun dua hari sebelumnya tim satpol sudah melaksanakan sosialisasi," jelasnya. 


    Dalam masa penerapan PPKM, ditegaskan Danang, tim gabungan akan terus gencar melaksanakan operasi yustisi. Hal tersebut guna menekan penyebaran Covid-19 dan mendisiplinkan masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan. Mengingat hingga kini kasus terkonfirmasi positif covid-19 terus bertambah dan kasus aktif masih tinggi. 

    Covid-19 merupakan virus yang berbahaya dan cepat menular. Masyarakat harus menerapkan protokol kesehatan demi meminimalisasi penularan dan memutus mata rantui penyebaran Covid-19. Selain itu juga tek kalah penting senantiasa menjaga kesehatan. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top