• Berita Terkini

    Rabu, 20 Januari 2021

    Lampu Jalan Kebumen Bakal Gunakan Tenaga Surya


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Kebutuhan listrik untuk penerangan lampu jalan di Kebumen ternyata masih sangat tinggi. Dalam sebulan setidaknya pemerintah kabupaten harus membayar tagihan listrik kepada PLN sebesar Rp 8 miliar. Angka tersebut tergolong cukup tinggi bagi ukuran kabupaten.


    Wakil Bupati Kebumen sekaligus Bupati terpilih, Arif Sugiyanto pun menawarkan solusi terkait hal itu. Arif akan berusaha mengurangi angka tagihan listrik dengan mengganti lampu penerang yang ada di Kota Kebumen menggunakan energi tata surya. 


    "Kami memiliki konsep go green di Kabupaten Kebumen, salah satunya di perkotaan. Nanti lampu di perkotaan ini akan kita ubah dengan tata surya,"  ujar Arif 

    saat acara pertemuan dengan para kepala desa se Kecamatan Sempor, di Kantor Kecamatan, baru-baru ini (17/1/2021). 


    Selain lebih irit, dan efisien, menurut Arif, Teknologi energi baru dan terbarukan (EBT)  yang mengambil energi tata surya juga lebih aman, dan ramah lingkungan. Dengan semakin menipisnya cadangan energi fosil dan air, energi terbarukan seperti dari tata surya kata Arif, ke depan sangat diperlukan. "Jadi ke depan kita arahnya akan ke sana, dalam rangka menjaga lingkungan agar tetap asri, kita membuat konsep go green untuk penataan tata kota dengan pemanfaatan energi terbarukan dengan mengganti lampu kota,"  ucapnya.

    Setelah diganti, lampu-lampu yang ada di Kota Kebumen ini nantinya akan dipindah ke desa-desa yang membutuhkan, agar jalan-jalan desa menjadi lebih terang. "Nanti lampu-lampu itu akan dialihkan ke desa-desa agar lebih terang. Jadi desa terang,"  lanjutnya.

    Lebih lanjut Arif mengatakan, ke depan, seluruh desa di Kebumen juga akan diarahkan untuk bisa menerapkan konsep go green dengan energi listrik tata surya. Ini diperlukan untuk meminimalisir dampak kerusakan lingkungan.

    Disisi lain Arif menilai, energi matahari adalah jenis energi terbarukan yang ketersediaannya sangat tidak terbatas, dan bisa menjadi alternatif yang bagus untuk kehidupan masyarakat mendatang. "Kita mulai dari kota dulu, nanti baru merambah ke desa. Kita juga akan menyiapkan satu desa menjadi desa go green, yaitu lampunya menggunakan tata surya. Insya Allah akan kita siapkan sampling satu desa," jelas Arif yang menjadi calon bupati Kebumen terpilih ini.

    Sementara itu, dalam pertemuan dengan para kepala desa ini, Arif menyampaikan banyak hal terkait program-program unggulan yang akan diterapkan pada saat dirinya resmi menjabat sebagai Bupati Kebumen. Ia menyatakan, perlu adanya kesesuaian antara pemkab dengan desa, sehingga proses pembangunan bisa berjalan cepat.

    Di antara program yang dibahas, yakni perbaikan infrastruktur, penataan birokrasi, pemulihan ekonomi, kesehatan, pengentasan kemiskinan. Sampai pada program pengembangan ekonomi desa dengan mendirikan BumdesMa atau Bumdes Bersama. (fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top