• Berita Terkini

    Kamis, 21 Januari 2021

    KPU Tetapkan Arif Sugiyanto Jadi Bupati Kebumen


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kebumen menetapkan Pasangan H Arif Sugiyanto-Hj Ristawati Purwaningsih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kebumen terpilih. Penetapan paslon tunggal pada Pilkada Kebumen 2020 tersebut dilaksanakan melalui rapat pleno KPU Kebumen, Kamis (21/1/2021) di Mexolie hotel. 


    Penetapan juga berdasarkan Surat Panitera Mahkamah Konsitusi Republik Indonesia Nomor 165/PAN.MK/01/2021 tanggal 20 Januari 2021 perihal Keterangan Perkara Perselisihan Hasil Pemilihan  Gubernur, Bupati, Walikota Tahun 2021 tidak terdapat pengajuan permohonan perselisihan hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kebumen tahun 2020 Kepada Mahkamah Konstitusi. 


    "Dalam pemilihan Pasangan H Arif Sugiyanto dan Hj Ristawati Purwaningsih memperoleh suara sebanyak 389.463 atau 60,826 persen," terang Ketua KPU Kabupaten Kebumen Yulianto. 


    Usai dibacakan draft penetapan, Berita Acara Nomor 33/PL.03.7-BA/3305/KPU-Kab/I/2021 ditandatangani oleh Ketua KPU dan anggota KPU lainnya. Ketua KPU Yulianto kemudian menyerahkan berita acara rapat pleno dan dokumen lain kepada Pasangan Calon Bupati Dan Wakil Bupati Terpilih, Ketua Bawaslu Kabupaten Kebumen Arif Supriyanto dan Ketua DPRD Kebumen Sarimun. 

    Ketua KPU Yulianto menjelaskan, tahapan pelaksanaan Pilkada di KPU telah selesai dengan penyerahan dokumen kepada Ketua DPRD Kebumen. Dimana dokumen tersebut merupakan tindak lanjut untuk pengesahan dan penetapan Pasangan Calon Terpilih pada Pilkada Kebumen 2020. "Selanjutnya DPRD Kebumen akan mengagendakan Rapat Paripurna pengesahan dan penetapan paslon terpilih," jelasnya. 

    Yulianto menambahkan, KPU memiliki batas waktu selama 2 bulan untuk melakukan evaluasi dan pertanggungjawaban pelaksanaan pilkada. Pihaknya mengakui dalam perhelatan pilkada kali ini masih ada beberapa hal yang perlu dievaluasi. Baik dari segi internal KPU maupun pelaksanaan secara keseluruhan. 


    Sementara Bupati terpilih Arif Sugiyanto menyambut baik penetapan oleh KPU Kebumen dan mengaku tinggal menunggu waktu pelantikan. Dalam pilkada kali ini, Arif menyebut memiliki tantangan tersendiri karena dihelat ditengah pandemi. Dalam keterbatasan waktu dan ruang gerak selama kampanye, dirinya menitik beratkan penyampaian program melalui teknologi informasi. "Dengan penetapan ini, Pilkada Kebumen sudah selesai," katanya. 

    Arif menjelaskan, kini pihaknya masih fokus menjalankan roda pemerintahan sebagai Wakil Bupati Kebumen. Disisi lain, pihaknya juga sudah melakukan sinkronisasi visi misi dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Dengan demikian diharapkan program--program yang dicanangkan dalam visi misi dapat terealisasi dengan baik. "Utamanya pelayanan publik akan ditingkatkan seperti jemput bola KTP elektronik," imbuhnya.

    Sedangkan Wakil Bupati Kebumen terpilih Hj Ristawati Purwaningsih menyampaikan setelah dilantik pihaknya akan melanjut tugas tersebut dengan cepat sesuai dengan visi misi yang telah disampaikan. Meneruskan program-program yang telah dilaksanakan oleh wakil bupati sebelumnya. “Terkait kemiskinan yang perlu dilakukan pertama kali adalah perbaikan data,” ucapnya. (mam) 


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top