• Berita Terkini

    Senin, 11 Januari 2021

    Ketua DPRD Menerima Kenang-kenangan Porang


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Ketua DPRD Kebumen H Sarimun menerima kenang-kenangan dari perwakilan Kelompok Petani Porang Kebumen. Kenang-kenangan tersebut berupa Bibit Porang dalam pot bunga. Ini pada ajang silaturahmi antaran Petani Porang Kebumen dengan Anggota DPRD, Senin (11/1/2021).


    Dalam kesempatan tersebut Kelompok Petani Porang dikomandani Akif Fatwal Amin.  Penyerahan bibit porang dilaksanakan oleh Akif Fatwal Amin dan diterima langsung oleh H Sarimun. Acara silaturahmi juga diisi dengan penyampaian aspirasi petani porang kepada DPRD Kebumen. Bibit porang yang telah diberikan sebagai kenang-kenangan tersebut, sedianya akan dipajang di Gedung DPRD Kebumen. 


    Akif Fatwal Amin menyampaikan para petani porang Kebumen bermaksud untuk lebih mengenalkan Porang di Kebumen. Ini mengingat porang sediri merupakan komoditas yang sangat bagus untuk meningkatkan hasil pertanian di Kebumen.  Selain itu porang pun memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi. Perhatian dari DPRD Kebumen serta pemerintah Daerah Kebumen sangat akan berarti. “Komoditas porang dapat menjadi hal yang baik untuk petani. Ini juga merupakan komoditas eksport,” tuturnya.


    Dalam Ajang silaturrahmi tersebut juga membahas tentang persoalan pasca panen. Ini meliputu penjualan hasil panen.  Serta ketersediaan bibit porang pra tanam. Akif menjelaskan hingga kini minimal telah terdapat lima pabrik pengolahan porang  bersekala besar.  Dari lima pabrik bersekala besar tersebut salah satunya berada di Semarang di Jawa Tengah. Selain itu kebutuhan pasar eksport porang juga masih sangat tinggi. Belum lagi pangsa pasar dalam negeri yang belum terakomodir,” jelasnya.


    Adapun terkait dengan ketersediaan bibit porang  untuk Kebumen, Akif sendiri mengaku memang masih kurang. Sehingga berulangkali kebutuhan bibit untuk Kebumen didatangkan dari luar kota. "Insya Allah, kami juga akan bersilaturrahi kepada Bupati Kebumen saat menjelang panen nanti. Bupati Kebumen diharapkan bersedia untuk mengawali Panen Raya Porang,” katanya.


    Ketua DPRD Kebumen H Sarimun mendukung penuh upaya pengembangan perekonomian masyarakat di Kebumen, termasuk budidaya porang yang memiliki nilai pangsa pasar ekspor.  Pihaknya juga  meminta Pemkab untuk ikut menfasilitasi dan membantu para petani Porang. Ini  agar dapat meningkatkan produktivitas dan menembus pasar ekspor. “Kami juga mengapresiasi kepada Kelompok Petani Porang yang turut serta memajukan Kebumen,” ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top