• Berita Terkini

    Minggu, 17 Januari 2021

    Kabupaten Tetangga Sudah Menangkap Peluang Porang


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Berapa kabupaten tetangga Kebumen yakni Banyumas, Purworejo dan Purbalingga sudah menangkap peluang porang. Bahkan budidaya porang tersebut telah masuk program dinas pertanian untuk tahun 2021 mendatang.


    Namun demikian di Kebumen sendiri, budaya porang tampaknya belum sepenuhnya ditangkap sebagai peluang. Budaya porang beberapa diantaranya masih sebatas dilaksanakan oleh petani secara tradisional. Dalam hal tersebut penting sekali adanya sentuhan dari pemerintah.


    Salah satu praktisi pembudidaya porang Akif Fatwal Amin menyampaikan beberapa kabupaten di Kebumen telah menangkap peluang porang tersebut. Bahkan pemerintah ikut andil dalam mensupport para petani porang. “Ini memang peluang yang hingga kini masih sangat bagus,” tuturnya, Minggu (17/1).


    Peluang porang sangat tinggi. Kebutuhan akan tepung porang memang tidak terbatas. Tepung tersebut dapat diolah mie atau beras bahkan untuk campuran bakso. Disadari atau tidak pengembangan tanaman porang selama ini terhambat oleh kelangkaan bibit.  “Disinilah pentingnya pemerintah hadir membantu para petani,” katanya.


    Akif menyampaikan sebenarnya minat masyrakat Kebumen untuk budidaya porang sangat tinggi. Namun demikian minimnya pengetahuan tengang tata cara budidaya porang dan paska panen masih sangat dibutuhkan. Hal itu karena belum adanya sentuhan dari Pemda Kebumen. “Beberapa petani masih banyak yang hanya asal dalam menanam. Ini tanpa tanpa diimbangi dengan pengetahuan yang memadahi. Beberapa diantaranya malah asal ikut-ikutan saja," jelasnya.


    Terkait dengan ketersediaan bibit porang untuk Kebumen, Akif sendiri mengaku memang masih sangat kurang. Sehingga berulangkali kebutuhan bibit didatangkan dari luar kota. "Insya Allah, nanti kami juga akan bersilaturrahi kepada Bupati Kebumen saat menjelang panen nanti. Bupati Kebumen diharapkan bersedia untuk mengawali Panen Raya Porang,” katanya.


    Sebelumnya Ketua DPRD Kebumen H Sarimun mendukung penuh upaya pengembangan perekonomian masyarakat di Kebumen, termasuk budidaya porang yang memiliki nilai pangsa pasar ekspor. Pihaknya juga  meminta Pemkab untuk ikut menfasilitasi dan membantu para petani Porang. Ini  agar dapat meningkatkan produktivitas dan menembus pasar ekspor. “Kami juga mengapresiasi kepada Kelompok Petani Porang yang turut serta memajukan Kebumen,” ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top