• Berita Terkini

    Senin, 04 Januari 2021

    Jalur Guyangan-Petanahan Rusak Parah


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Warga kembali mengeluhkan kondisi jalan di Kebumen. Kali ini, warga mengeluhkan Jalur Guyangan-Petanahan. Jalan milik Pemprov Jawa Tengah itu kondisinya sangat memprihatinkan.


    Pantauan koran ini (4/1/2021), kerusakan parah terjadi di ruas antara Desa Candimulyo Kecamatan Adimulyo. Juga di depan Pom Bensin Petanahan. Sejumlah lubang jalan dengan berbagai ukuran ditemui di ruas ini.


    Di Desa Grogolpenatus Kecamatan Petanahan ke arah selatan mendekati Kantor Kecamatan Petanahan lubang jalan makin banyak dan bergelombang. Padahal di jalan tersebut setiap hari dilalui minibus maupun kendaraan pribadi dan karyawan untuk mobilitas warga dari Petanahan, Klirong, Puring dan sekitarnya ke kota Kebumen.


    Sama halnya dengan di pertigaan Pusat Kota Petanahan ke selatan melalui depan Pasar dan SMPN1 Petanahan menuju jalur Pantai Selatan. Kkerusakan jalan ini diduga dipicu semakin banyak kendaraan luar kota yang melalui jalur tersebut.

    Sejauh ini belum ada tanda-tanda perbaikan. Di lokasi, hanya terpasang tulisan peringatan jalan rusak dari Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kebumen. 'Hati-Hati Jalan Berlubang/Bergelombang Kecepatan Max 40 KM/\Jam,  Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang  Kabupaten Kebumen'


    Selain tidak nyaman digunakan, kondisi tersebut juga sangat membahayakan pengguna jalan. Menurut warga setempat banyak pengendara sepeda motor yang terjatuh karena jalan yang tidak rata. Belum lagi mobil dengan ketinggian rendah seperti mobil sedan dan modif cepet tidak dapat melintas.


    Para pengguna sepeda dan sepeda motor lebih memilih melalui bahu jalan saat melintas. Namun pilihan tersebut juga bukan tanpa risiko. Di sebelah bahu jalan terdapat selokan air atau saluran irigasi yang cukup dalam. Pengguna dapat terperosok baik pada lubang yang ada di bahu jalan maupun selokan yang berada di tepi bahu jalan.


    Wasis (38) warga Dukuh Srepeng Desa Candiwulan Kecamatan Adimulyo menyampaikan, kondisi jalan ini membuat banyak sepeda motor yang jatuh akibat menghindari lubang. Bahkan ruas jalan yang rusak dan berlubang sering kali membuat kemacetan.

    "Sering terjadi kecelakaan mas, kemarin saya baru nganter pengendara sepeda motor ke Jogja jatuh disini, kalau sore pasti macet karena kendaraan besar melintas," katanya, Senin (4/1).(fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top