• Berita Terkini

    Jumat, 15 Januari 2021

    Covid-19 di Kebumen Tembus 5.129


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Pandemi Covid-19 terus berlanjut. Di Kebumen sendiri pasien terkonfirmasi positif terus meninggat, bahkan hingga kini telah menembus angka 5.129 orang. Disisi lain, presentase terkonfirmasi meninggal dunia pun di Kebumen terus meningkat yakni mencapai 3,5 persen. 


    Pekan lalu, presentase kasus meninggal dunia terkonfirmasi positif Covid-19 hanya 3,4 persen. Yaitu dari akumulasi kasus 4.790 dengan 163 dinyatakan meninggal. Kini, kasus terkonfirmasi sebanyak 5.129 dengan 180 diantaranya meninggal dunia. 


    Ketua Bidang Informasi Publik Satgas Covid-19 Kebumen Cokro Aminoto menyampaikan perkembangan hari ini, ada penambahan kasus terkonfirmasi  positif 9 orang, terkonfirmasi sembuh 14 orang, dan terkonfirmasi meninggal 1 orang. Dari sejumlah kasus terkonfirmasi positif tersebut, merupakan kontak erat dengan kasus terkonfirmasi terdahulu.


    "Secara keseluruhan, hingga saat ini kasus terkonfirmasi  Covid-19 di Kabupaten Kebumen tercatat 5.129 orang. Hari ini kasus terkonfirmasi meninggal pun bertambah," katanya.


    Selain presentase kasus covid-19 meninggal dunia, kasus aktif pun masih tinggi. Orang yang terkonfirmasi dirawat mencapai 322 atau 6,3 persen dan menjalani isolasi 448 atau 8,7 persen serta dirujuk 12 atau 0,2 persen.   "Adapuan terkonfirmasi sembuh sebanyak 4.167 orang," imbuhnya. 


    Cokro menegaskan, Kebumen masuk kategori zona orange dengan menyisakan Kecamatan Bonorowo zona merah. Sedangkan desa zona merah tersisa empat yaitu Kaliputih, Peneket, Bonjoklor dan Pujodadi. Kendati demikian, bukan berarti masyarakat boleh lengah akan penerapan protokol kesehatan. 


    "Dari hasil kajian menunjukkan bahwa kasus Covid-19 di Kebumen masih berpotensi naik. Oleh karena itu, penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid-19 perlu dilakukan ketat," jelasnya. 


    Berbagai upaya yang telah dilaksanakan, lanjut Cokro, pendekatan sosialisasi ke masyarakat termasuk melibatkan tokoh masyarakat, tokoh agama, TNI dan Polri. Menyusun berbagai kebijakan  untuk mengantisipasi dan menangani perkembangan kasus covid-19 di Kabupaten Kebumen.  "Penerapan kebijakan dan tata laksana penanganan Covid-19 Kabupaten Kebumen hingga ke tingkat kecamatan dan desa," ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top