• Berita Terkini

    Senin, 18 Januari 2021

    Atasi Persoalan, Pemdes Diminta Proaktif ke Pemkab


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-- Wakil Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto kembali menemui para kepala desa di Kota Beriman. Kali ini, Arif bertemu dengan paguyuban kepala Sempor Senin, (18/1/2021). Selain menyerap aspirasi dari para Kades, Arif sekaligus memantapkan program 100 harinya sebagai Bupati terpilih pada Pilkada 2020 lalu.


    Arif Sugiyanto, mengatakan, jajaran pemerintah desa tak segan mengomunikasikan dengan pihak terkait bila ada persoalan di desa masing-masing. Seperti misalnya, bila ada kekurangan atau hal yang dibutuhkan dalam rangka percepatan pembangunan desa. "Termasuk kondisi jalan serta akses desa yang sulit. Kemudahan akses akan menunjang perekonomian desa untuk maju dan berkembang," katanya.


    Dalam kesempatan itu, Arif sekaligus menyosialisasikan pendirian BUSDESMA Kecamatan Sempor. Terkait hal ini, Wabup berharap keberadaan BUSDESMA mampu menumbuhkembangkan perekonomian rakyat. Menciptakan lapangan kerja, dan kesempatan berusaha bagi masyarakat. Sehingga mampu meningkatkan pendapatan desa dan menyejahterakan masyarakat.

    "Salah satu instrumen untuk mengembangkan perekonomian desa adalah BUMDes. Artinya, BUMDes jangan hanya dimaknai sebagai sebuah perusahaan. Melainkan sebagai alat penggerak ekonomi rakyat. BUMDes hadir bukan untuk mengakuisisi dan memonopoli ekonomi. Apalagi mematikan usaha rakyat yang sudah berjalan," ujar Wabup.


    Menurut Arif, BUMDes justru harus menjadi pengungkit potensi desa agar menjadi kekuatan yang menyejahterakan. BUMDes harus dapat mengkonsolidasi kekuatan ekonomi kecil yang tumbuh di desa. Agar menjadi kekuatan baru untuk menyejahterakan rakyat. "Semoga kedepannya ada penguatan ekonomi kerakyatan, diantaranya sektor pariwisata. Karena Kecamatan Sempor memiliki beberapa tempat wisata yang dikelola oleh desa. Selanjutnya juga ekonomi kreatif, harapannya produk-produk dari Desa dapat dipasarkan dengan baik," ungkap Wabup Arif Sugiyanto pada pertemuan yang digelar diAula Kecamatan Sempor itu.


    Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Kebumen H. Arif Sugiyanto, SH, Forkopimcam Sempor, Kabag Prokopim Setda Kebumen, serta Kades se-Kecamatan Sempor.(fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top