• Berita Terkini

    Kamis, 07 Januari 2021

    6.800 Sertifikat Tanah Diserahkan kepada Warga Kebumen


    KEBUMEN (kebumenekspres.com) – Sebanyak 6800 sertifikat tanah dari program Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap (PTSL) diserahkan kemarin. Penyerahan dilakukan simbolis oleh Wakil Bupati Kebumen, H Arif Sugiyanto di Pendopo Rumdin Bupati Kebumen, Selasa (5/1/2021)


    Hadir saat itu,  Plt Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Kebumen Sumpeno yang mendampingi Wabup menyerahkan sertifikat. Tampak pula, Kapolres Kebumen, AKBP Piter Yanottama, Dandim 0709 Kebumen Letkol Inf, Letkol Kav MS. Prawira Negara Matondang


    Wakil Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto mengungkapkan, pentingnya Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Program ini, katanya dapat mewujudkan kewajiban pemerintah untuk menjamin kepastian dan perlindungan hukum atas kepemilikan tanah masyarakat. 


    Arif berharap, kegiatan tersebut dapat berjalan lebih baik dan terjadi kenaikan jumlah penerima sertifikat tanah. "Adanya kepastian hukum kepemilikan ini adalah hal yang luar biasa. Ini merupakan kemajuan yang diberikan oleh pemerintah pusat yang tentunya menjadikan kepastian kepemilikan masyarakat," ujar Arif.



    Di tempat yang sama, Plt Kepala BPN Kebumen, Sumpeno mengatakan dari 6800 PTSL yang diserahkan meliputi 20 desa di 12 kecamatan. Hal itu merupakan penyerahan PTSL tahap akhir tahun 2020 dari total 33.640 sudah diserahkan tahap pertama.


    Sertifikat baru diserahkan pada awal 2021 karena sebelumnya ada kegiatan penyerahan serempak oleh Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu.


    Sumpeno menambahkan,  masih ada sekitar 950.063 ribu bidang tanah yang belum bersertifikat dari total tanah di kebumen sekitar 1,3 juta bidang. Ia pun berharap akan lebih banyak tanah yang tersertifikatkan pada waktu-waktu mendatang.

    "Dari desa yang sudah mengajukan, akan kita tindak lanjuti secara detail mengenai kesiapan dan partisipasi masyarakat, karena program ini akan sukses dari peran serta masyarakat," pungkasnya. (fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top