• Berita Terkini

    Jumat, 08 Januari 2021

    2021, Kades di Kebumen Bakal Dapat Inventaris "NMax"


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Pemkab Kebumen berencana akan memberikan kepala desa (Kades) kendaran dinas baru. Ini dengan spesifikasi Motor Jenis Yamaha NMax non ABS. Namun, kuota pengadaan untuk tahun 2021 belum mampu memenuhi seluruh jumlah kepala desa. Pada 2021 ini belum semua kepala desa mendapatkan kendaraan dinas baru tersebut. 


    Kendaraan dinas tersebut, diharapkan akan mendukung dan semakin memaksimalkan kinerja kepala desa.  Karena jumlahnya belum mampu memenuhi semua kepala desa, maka pembagian akan dilaksanakan berdasarkan prioritas.


    Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Kebumen Aden Andri Susilo menyampaikan terdapat pagu anggaran sebesar Rp 6.103.026.000. Adapun rencana pengadaan kendaraan dinas kades tersebut dengan spesifikasi roda dua sport 100-150 CC. Ini dengan indeks Rp 30,2 juta tiap unitnya. “Pengadaan kendaraan kades 202 unit," tuturnya, Jumat (8/1/2021). 


    Jumlah 202 tentunya masih  jauh dari jumlah keseluruhan kepala desa di Kebumen yang berjumlah  sebanyak 449 orang. Terkait penyaluran, Aden menegaskan hingga kini masih dalam pembahasan. Sesuai rencana, prioritas penerima tahun 2021 akan diberikan mendasari indikator kinerja pemerintahan desa. "Untuk kekurangannya rencana pengadaan akan dilaksanakan pada tahun 2022," imbuhnya. 


    Waktu pengadaan kendaraan dinas baru, lanjut Aden, masih menunggu katalog resmi kendaraan. Pada tahun-tahun yang sudah berjalan, e-katalog akan muncul pada Maret. Dengan demikian setidaknya pengadaan kendaraan baru akan terealisasi pada April ataupun Mei. Bilamana kendaraan baru siap, motor dinas yang sekarang digunakan kades akan ditarik kembali. "Ketentuannya penyerahan kendaraan dinas baru jika yang lama telah selesai administrasi terutama pajak. Kalau sudah selesai, baru dikasih kendaraan dinas baru," tandasnya. 


    Terkait pemberian kendaraan dinas baru, Aden mengharapkan agar dapat dimanfaatkan dengan baik oleh semua penerima. Aset barunya tersebut pun juga diharapkan dikelola dengan baik. Kepala desa juga diminta dapat meningkatkan kinerja roda pemerintahan desa. “Adanya fasilitas baru diharapkan dapat meningkatkan kineja para kepala desa,” ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top