• Berita Terkini

    Minggu, 13 Desember 2020

    Semangat Nasiyah Berikan Suara di Pilkada Kebumen 2020


    Nyoblos Tanpa Paksaan, Mbah Nasiyah Blak-blakan Ungkap Pilihan
     


    Pilkada Kebumen 2020 telah berlangsung. Kini warga Kota Beriman tinggal menunggu hasilnya. Namun, ada sejumlah catatan menarik pada Pilkada Kebumen kali ini. Salah satunya cerita tentang seorang nenek bernama Nasiyah.

    ------------------------

    CAHYO KUNCORO, Kebumen

    -----------------------


    Nasiyah yang sudah berusia 83 tahun itu bahkan sempat menjadi buah bibir warga khususnya di kalangan media sosial. Ini lantaran semangat Nasiyah memberikan hak pilihnya meski harus bersusah payah datang ke bilik tempat pemungutan suara (TPS). Video berdurasi 1,52 menit yang menggambarkan Mbah Nasiyah datang ke TPS dengan terbungkuk-bungkuk mendapat apresiasi dari puluhan ribu netizen.


    Ya, usia dan kondisi badan tak mengurangi semangat perempuan'warga RT 6 RW 3 Desa Waluyorejo itu melaksanakan hak demokrasinya untuk memilih. 


    Ditemui kemarin, Nasiyah mengaku apa yang ia lakukan benar-benar murni dari dirinya sendiri. Tidak ada seorang pun atau pihak manapun yang menyuruh apalagi memberinya "iming-iming" agar ia datang ke TPS.


    "Nggak ada yang nyuruh. Saya memang suka kalau ada pemilihan bupati apa pemilihan kepala desa. Saya selalu nyoblos (memberikan hak suara)," ujar perempuan yang sehari-hari membuat kerajinan sapu lidi itu.


    Saat disinggung soal pilihannya pada Pilkada kali ini, Mbah Nasiyah pun tak keberatan menyampaikan. "Saya nyoblos yang ada gambar perempuannya berjilbab," katanya.


    Seperti diketahui, Kebumen baru saja menggelar Pilkada pada 9 Desember lalu. Untuk Pilkada kali ini, hanya diikuti satu pasangan calon, yakni Arif Sugiyanto dan pasangannya, Ristawati Purwaningsih.

    Meski berstatus paslon tunggal, pasangan yang disebut Arif-Rista ini bukannya tanpa "gangguan". Sejumlah pihak menyerukan warga agar memilih kotak kosong, alih-alih memilih pasangan Arif Sugiyanto-Ristawati Purwaningsih. 

    Hasil Pilkada Kebumen masih harus ditunggu. Namun sejauh ini, versi KPU, pasangan Arif Sugiyanto-Ristawati Purwaningsih telah memeroleh dukungan 61 persen. Hampir bisa dipastikan,  Arif Sugiyanto yang juga Wakil Bupati Kebumen itu akan unggul dalam Pilkada kali ini. Jumlah Pemilih pada Pilkada Kebumen kali ini ada  1.032.802. (*)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top