• Berita Terkini

    Minggu, 06 Desember 2020

    PWI Ajak Awak Media Sukseskan Pilkada Kebumen 2020

     


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Menjelang perhelatan Pilkada 2020 di Kebumen, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kebumen mengajak awak media baik cetak, elektronik maupun online untuk senantiasan menyukseskan pelaksanaan Pilkada. Selain itu awak media juga harus teguh memegang Undang-undang pers dan kode etik jurnalistuk.


    Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ketua PWI Kebumen Bagus Sukmawan. Ini pada acara Silaturahmi Awak Media Kebumen dalam rangka mensukseskan Pilkada Kebumen. Kegiatan digelat di Hotel Mexolie Kebumen, Sabtu (5/12/2020).


    Kegiatan juga dilaksanakan sebagai PWI dalam menjaga kekompakan dan soliditas awak media di Kabupaten Kebumen, menjelang pelaksanaan Pilkada. Selain selalu mengacu pada Undang-undang Pers, Bagus juga menegaskan, kode etik wartawan juga harus menjadi pedoman. “Wartawan harus berpegang teguh kepada dua hal tersebut,” tuturnya.  


    Ditegaskan juga, dalam menjalankan tugasnya atau bekerja, wartawan harus memegang teguh aturan yang berada dalam UU Pers dan Kode Etik Wartawan (KEW). Bagus juga mengingatkan, agar wartawan tidak hanya sebatas mengejar hal-hal yang bersifat materialistik, target berita dan sensasi. 


    Namun juga harus dapat mempertimbangkan dampak positif dan negatif yang ditimbulkan akibat berita yang ditayangkan. “Ini penting untuk dipertimbangkan, terlebih tentang kondusifitas, keamanan dan keselamatan bersama,” katanya.


    Mengingat Pandemi Covid-19 yang masih belum usai dan tingginya angka positif Covid-19 di Kebumen, Bagus, meminta agar para awak media turut serta dalam menekan angka positif Covid-19. Ini dapat dilaksanakan sesuai dengan tugasnya yakni melalui pemberitaan di media masing-masing.


    Bagus juga menekankan pentingnya media bersifat independen dalam perhelatan Pilkada. ini termasuk dengan memberikan pemberitaan yang berimbang, akurat dan mengedepankan iktikad yang baik. Disisi lain, media juga harus jeli memilah dan memilih materi untuk bahan pemberitaan. “Media mesti mengutamakan pemberitaan yang menjaga persatuan dan kesatuan,” ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top