• Berita Terkini

    Kamis, 10 Desember 2020

    Penuhi Hak Pilih, Petugas "Berseragam Astronot" Datangi Warga Karantina


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Pemilihan kepala daerah Kabupaten Kebumen di tengah pandemi covid19 benar-benar mengubah kebiasaan baru. Bagaimana tidak untuk memenuhi hak suara petugas harus menggunakan alat pelindung diri lengkap untuk mendatangi warga yang sedang karantina mandiri untuk menentukan hak pilih.


    Seperti di Desa Adikarso Kecamatan Kebumen, salah satu petugas TPS 10 terpaksa menggunakan seragam hasmat untuk memungut suara masyarakat yang sedang melakukan karantina mandiri usai terpapar covid19. 


    "Saya sudah karantina 14 hari, kondisi sudah sembuh tapi kata petugas TPS saya bisa nyoblos dengan petugas yang akan datang kerumah dengan APD," kata Rohman (26) warga Adikarso.


    Meski didatangi lasngus ke rumah dalam proses pemilihan tetap menggunakan protokol kesehatan. Petugas TPS yang berseragam hasmat juga kawal ketat oleh panwas desa dan petugas kemamanan hansip, hal itu untuk menjaga keamanan dan kefalidan suara yang di pilih.


    Sebenarnya di tiap TPS, KPU telah menyediakan bilik khusus bagi masyarakat yang mengalami gejala atau sakit. Namun dengan mendatangi rumah warga yang sedang karantina juga menjadi langkah efisien untuk tidak menularkan paparan covid19.


    "Kalau saya nyoblos di bilik khusus, soalnya baru sembuh dari covid," kata Ahmad warga Desa Wonokromo. (fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top