• Berita Terkini

    Minggu, 06 Desember 2020

    Optimalkan Pendapatan Daerah, bank bjb Gandeng Sejumlah BUMDes



    (kebumenekspres.com) JABAR - Guna mengoptimalkan pelayanan Payment Point Online Bank (PPOB) dan dalam rangka untuk mendukung program pemerintah terhadap transaksi non tunai serta menggenjot potensi pendapatan daerah, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk. (bank bjb) melakukan sinergi dengan pemerintah daerah setempat. 

    Seperti halnya di Kab. Majalengka, bank bjb Kantor Cabang Majalengka menggandeng BUMDes Suryatadi Desa Salagedang Kec. Sukahaji Kab. Majalengka dan UnMart (Universitas Majalengka Mart) telah memberikan layanan (PPOB), Internet Banking Corporate (IBC) hingga QR Indonesian Standard (QRIS) agar fungsi dari PPOB bisa lebih maksimal.

    bank bjb juga memberikan pelatihan serta pembinaan terhadap BUMDes dalam membangun pola pikir, agar lebih aktif dalam kolaborasi bersama bank bjb dan Pemerintah Daerah setempat. Melalui  pelatihan ini, diharapkan dapat semakin mendorong peran BUMDes di tengah-tengah masyarakat, sehingga terasa manfaatnya. Tentunya ini akan meningkatkan PAD. Kolaborasi dan inovasi yang dilaksanakan ini merupakan upaya untuk mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

    Di Kab. Garut, bank bjb Kantor Cabang Garut, juga melakukan hal yang serupa yaitu melakukan sosialisasi IBC dan PPOB kepada BUMDes di wilayah Kab. Garut. Sebagaimana diketahui masyarakat Kab. Garut saat ini dapat membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Pajak Bumi & Bangunan (PBB) dan Pajak Daerah Lainnya.

    Keterlibatan aktif bank bjb dalam sinergi guna mendukung rencana pemerintah daerah hasilnya sudah diketahui cukup optimal, dan membawa dampak atau pengaruh yang signifikan. bank bjb sendiri berperan menyediakan instrumen pembayaran pajak melalui platform pembayaran e-Samsat. Sementara dengan BUMDes, bank bjb menyediakan fasilitas pembayaran pajak via PPOB, tabungan pajak (t-samsat) dengan bekerjasama pada jenis usaha di sektor keuangan serta menyediakan fasilitas pembayaran PBB kepada warga yang hendak melakukan setoran pajak via BUMDes.

    Sinergi ini merupakan bentuk komitmen nyata bank bjb untuk mewujudkan kesejahteraan daerah. bank bjb akan terus berupaya menopang rencana pemerintah untuk mengakselerasi serapan pendapatan demi kelancaran program-program pembangunan kesejahteraan masyarakat di seluruh penjuru negeri. (rls) 


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top