• Berita Terkini

    Minggu, 20 Desember 2020

    Akhir Tahun, Harga Kebutuhan Merangkak Naik

     


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru sejumlah bahan kebutuhan pokok di Kebumen mulai merangkak naik. Cuaca buruk disebut memicu kenaikan harga ini. Sejumlah pedagang menyampaikan, stok barang mulai langka seiring gangguan distribusi akibat cuaca buruk.

    Seperti yang terpantau di pasar tradisional Karanganyar pada Sabtu (19/12/2020). Kenaikan harga terjadi di sejumlah bahan kebutuhan pokok. Selain kebutuhan pokok, harga ayam potong juga mengalami kenaikan dari yang semula seharga Rp 29 ribu per kilogram kini naik menjadi Rp 32 ribu per kilogramnya.


    Salah seorang pedagang, Jumiyatun (48) mengatakan, sejak satu minggu terakhir banyak terjadi kenaikan harga. Seperti untuk bawang putih apel dari Rp 20 ribu kini menjadi Rp 24 ribu perkg, bawang putih kating yang tadinya Rp 25 ribu sekarang menjadi 28 ribu perkg.

    Bawang merah sendiri cenderung stabil di harga Rp 35 ribu perkilogram. Sementara itu telur terus mengalami kenaikan harga, semula 25 ribu perkg kini naik menjadi 28 ribu perkg dan diprediksi akan terus mengalami kenaikan hingga akhir tahun.

    Amir (55) pedagang cabai mengungkapkan selain menjelang perayaan natai dan tahun baru, kenaikan harga cabai juga dipengaruhi oleh faktor cuaca. Untuk cabai rawit dan cabai merah yang semula Rp 48 ribu perkg kini naik Rp 50 ribu perkg, cabe hijau semula Rp 25 ribu kini menjadi Rp 27 ribu per kilogram. Kenaikan tertinggi terjadi di cabai cigitan, dari Rp 20 ribu perkg kini naik menjadi Rp 27 ribu per kilogram. "Selain menjelang natal dan tahun baru, kenaikan harga cabai juga dikarenakan hujan yang terjadi beberapa hari terakhir," katanya. (*)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top