• Berita Terkini

    Senin, 09 November 2020

    "Wahyu Tejaningrat", Semarakkan Peringatan Hari Wayang di Kebumen


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Lakon “Wahyu Tejaningrat” yang dibawakan oleh dalang muda Ki Dalang Langgeng Hidayat menyemarakkan Peringatan Hari Wayang Nasional yang dilaksanakan Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI) Kebumen. Kegiatan dilaksanakan bekerjasama dengan Dinas Kominfo Kebumen dengan menggelar pertunjukan wayang.

    Mengingat masih dalam situasi pandemi, pertunjukan wayang digelar secara tertutup. Namun demikian dapat disaksikan oleh masyarakat secara live streaming. Pagelaran wayang di laksanakan di Padepokan Sehat Medika Kelurahan Jatiluhur. 


    Hadir mewakili Bupati Kebumen Kepala Dinas Pendidikan Kebumen  Moh Amirudin. Kepala Dinas Kominfo dan Camat se Kabupaten Kebumen. Selain itu acara juga dihadiri oleh Anggota Pepadi dan juga para pelaku seni dan budayawan. 


    Dalam acara tersebut juga dilakukan pemberian tali asih kepada dalang muda Ki Ridho Widyono, sebagai seorang pelajar asal Pejagoan yang telah sukses menyabet gelar Juara 1 tingkat Propinsi dalam Festival Dalang Remaja.


    Dalam sambutannya Moh Amirudin menyampaikan sebagai bangsa Indonesia wajib berbangga. Sebab kesenian wayang telah dikenal dan diakui dunia. Untuk itu sudah sepatutnya masyarakat bersama-sama untuk melestarikan kesenian wayang sebagai aset budaya bangsa yang sangat berharga."Mari kita bersama-sama melestarikan kesenian wayang sebagai aset budaya bangsa yang sangat berharga,” ajaknya.

    Ketua Umum Pepadi Kebumen R Suman Sri Husodo menyampaikan pentingnya warga untuk turut serta melastarikan wayang kulit yang merupakan budaya asli Indonesia. Terlebih untuk para pemuda harus mau mengenal dan mempopulerkan serta menjaga eksistensi wayang. Selain itu pemuda diharapkan pula ikut serta dan berperan sebagai pelaku seni dalam pementasan wayang. Dengan demikian akan selalu ada regenerasi untuk tetap menjaga kelestarian budaya dari leluhur ini. 


    Dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga berharap pemerintah daerah untuk terus dan lebih peduli lagi dengan budaya. Tak hanya wayang saja, namun berbagai seni budaya lain yang harus tetep dijaga dan dilestarikan agar tidak hilang diegerus zaman. "Semoga pemerintah lebih peduli lagi dan cintq dengan budaya, semua budaya khusuanya wayang" ucap R Suman. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top