• Berita Terkini

    Kamis, 26 November 2020

    STIE PB Kebumen Gelar Webinar Internasional


    KEBUMEN(kebumenekspres.com) -STIE Putra Bangsa Kebumen menyelenggarakan Webinar Internasional. Ini dengan mengusung tema “Publication Strategies in Reputable Internasional Journals”. Ini dilaksanakan lantaran hingga kini publikasi ilmiah internasional para dosen perguruan tinggi di Indonesia masih rendah, Kamis (26/11/2020).


    Webinar Internasional menghadirkan dua narasumber yakni Ass Prof Dr Evan Lau Poh Hock berasal dari Malaysia dan Prof Dr Wiwiek Rabiyatul Adawiyah Msc PhD dari Indonesia.  Webinar dilaksanakan dengan moderator Dr Irfan Helmy MM. Kegiatan tersebut merupakan kerjasama tiga perguruan tinggi. Ini meliputi STIE Putra Bangsa, Universitas Jenderal Soedirman dan Universiti Malaysia Sarawak. 


    Kegiatan dimulai pukul 08.00 WIB. Acara dibuka oleh Kepala P4M STIE Putra Bangsa Dr Harini Abrilia Setyawati MSi. Webinar diikuti oleh lebih dari 540 peserta yang tergabung dalam zoom meeting dan live youtube. Peserta adalah dosen yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia seperti Sumatra, Sulawesi, Kalimantan, NTB dan wilayah lain serta beberapa dari luar negeri seperti Malaysia hingga Maroko.


    Dalam sambutannya Ketua panitia Harini mengatakan publikasi ilmiah internasional para dosen perguruan tinggi di Indonesia masih rendah. Hal ini disebabkan oleh rendahnya kemampuan dan dorongan untuk menuliskan hasil penelitiannya di jurnal ilmiah yang bereputasi internasional. 

    “Padahal banyak peluang dan kesempatan untuk penelitian kompetitif yang didanai, seperti dari ristekBRIN yang menuntut output penelitian dalam bentuk publikasi ilmiah pada jurnal bereputasi internasional,” tuturnya.


    Webinar kali ini, lanjutnya, diharapkan bisa membantu menanggapi masalah tersebut. Pelatihan penulisan artikel ilmiah untuk publikasi internasional seperti ini penting untuk dilaksanakan karena sebagai salah satu upaya mendorong dosen dan peneliti agar mulai tergerak mempublikasikan hasil-hasil penelitian mereka di jurnal internasional.“Workshop ini merupakan salah satu kegiatan pengembangan program kerja P4M STIE Putra Bangsa,” katanya.


    Disampaikan pula, selain memberikan dasar-dasar teknis penulisan artikel ilmiah di jurnal internasional bagi internal dosen dan peneliti, webinar juga sekaligus memberikan dorongan kepada para dosen dan peneliti untuk melakukan publikasi hasil penelitiannya. Mudah-mudahan acara ini dapat pengatahuan dan motivasi dosen dalam melakukan publikasi internasional,” ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top