• Berita Terkini

    Selasa, 24 November 2020

    Petugas Pelipat Suara Pilkada Kebumen Harus Jalani Tes Swab


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kebumen masih terus berusaha menyelesaikan proses pelipatan surat suara untuk keperluan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) 2020. Di masa pandemi covid-19 ini, seluruh petugas yang terlibat harus menjalani rapi test. 


    Ketua KPU Kabupaten Kebumen, Yulianto mengatakan pelaksanaan pelipatan surat suara mendapatkan pengawasan penuh. Setiap harinya ada lima sampai delapan orang petugas yang mengerjakan proses pelipatan.   “Petugas telah menjalani rapid test jadi semua dipastikan dalam keadaan sehat,” katanya.


    Adapun proses pelipatan, tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Seluruh petugas mengenakan masker dan secara berkala melakukan cuci tangan serta dilakukan physical distancing saat proses pelipatan.  


    “Pelipatan surat suara kami targetkan tujuh kecamatan bisa rampung dalam dua hari,” kata Yulianto, kepada Ekspres, Senin (23/11/2020).

    Pelipatan surat suara sudah dimulai sejak Kamis 19 November 2020, pelipatan surat suara diawali tujuh kecamatan meliputi Kecamatan Kebumen, Pejagoan, Sadang, Karangsambung, Alian, Poncowarno dan Kutowinangun. Kemudian Kecamatan Prembun, Padureso, Bonorowo, Buluspesantren, Ambal, Mirit dan Sruweng, akan dilaksanakan mulai, Sabtu-Minggu  21-22 November 2020.

    Selanjutnya pelipatan surat suara untuk Kecamatan Karanganyar, Karanggayam, Adimulyo, Kirong, Petanahan dan Puring akan dilaksanakan mulai, Senin-Selasa 23-24 November 2020. Berikutnya Kecamatan Kuwarasan, Gombong, Sempor, Rowokele, Buayan dan Ayah dijadwalkan mulai, Rabu-Kamis  25-26 November 2020.

    Terkait dengan distribusi logistik, Yulianto menambahkan bahwa semua logistik akan didistribusikan sesuai jadwal. Distribusi alat pengaman diri (APD) telah dilakukan mulai 16 November 2020 dan akan dilakukan secara bertahap.

    “Sedangkan untuk logistik TPS mulai didistribusikan ke PPS sejak H-5 atau pada 4 Desember 2020 mendatang,” katanya. (Fur)Pelipatan surat suara seluruhnya dilakukan di sekretariat KPU di Jalan Arungbinang Kabupaten Kebumen.(*)



    Berita Terbaru :


    Scroll to Top