• Berita Terkini

    Kamis, 19 November 2020

    PDAM Jadi Perusahaan Umum Daerah Kebumen


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-PDAM Tirta Bumi Sentosa bakal berubah status menjadi Perusahaan Umum Daerah Air Minum. Alih status tersebut menuntut PDAM untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Bukan itu saja profit pendapatan juga perlu ditingkatkan. Untuk mempersiapkan perubahan tersebut, puluhan pegawai dibekali peningkatan kualitas SDM terkait pengembangan citra perusahaan.


    Pelatihan diselenggarakan, Selasa (17/11/2020) di Meotel Kebumen. Ini bekerjasama dengan PT Citra Emas Sanjaya dari Yogyakarta. Training untuk karyawan utamanya yang menjadi garda terdepan dalam pelayanan seperti hubungan langganan, teknik maupun instalasi pengolahan air. 

    Direktur PDAM Tirta Bumi Sentosa Zein Musta'in menyampaikan training dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja karyawan. Sehingga perusahaan tidak hanya lebih maju tetapi juga memiliki reputasi dan image yang bagus (Good Image & Reputation). 


    Para karyawan nantinya dapat memberikan pelayanan prima, menangani aduan dengan baik, hubungan yang baik dengan internal dan eksternal atau pelanggan, hingga menjadi agen pemasaran yang baik. 


    "PDAM Tirta Bumi Sentosa tidak hanya fokus pada pencapaian target dan peningkatan kinerja perusahaan, tetapi juga berusaha berbenah diri dalam perbaikan pelayanan kepada pelanggannya," katanya disela-sela pelatihan. 


    Zein menambahkan, menjadi perusahaan umum daerah selain double target juga dapat mendirikan anak perusahaan ataupun penyertaan modal di BUMD. Adapun target laba PDAM hingga triwulan ke-3 per akhir September 2020 dari RKAP Rp 1.961.871.000 tercapai Rp 2.147.409.150 atau melampaui target Rp 185. 538.150. Hal ini tercapai karena kerja keras yang luar biasa dari seluruh karyawan, direksi, dewan pengawas dan support dari Pemda dan Pembina BUMD Kebumen. 


    Sementara, Dewan Pengawas PDAM Ida Indrayani Achmal mengingatkan perusahaan harus siap terhadap perubahan perilaku masyarakat terlebih di era media sosial. Setiap pelanggan dapat dengan mudah menyampaikan komplain bukan saja ke instansi tetapi juga media sosial. Terlebih setelah menjadi Perumda Air Minum yang merupakan salah satu pelayanan dasar terkait pengelolaan air bersih di Kebumen. 


    “Penting juga pengetahuan tentang hubungan masyarakat terutama untuk yang menangani keluhan pelanggan. Saya berharap agar antar karyawan selalu kompak sehingga setiap permasalahan dapat teratasi dengan baik," ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top