• Berita Terkini

    Minggu, 15 November 2020

    Kebumen Kembali Masuk Zona Merah Covid-19


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Setelah sebelumnya sempat tidak ada satupun kecamatan di Kebumen yang  berstatus Zona Merah, kini Kabupaten Kebumen kembali menjadi Zona Merah Covid-19 di Jawa Tengah. Bahkan jumlah angka terkonfirmasi positif corona sampai Minggu (15/11/2020) tembus 1.647. Ini dengan meninggal dunia 58 orang.


    Juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Cokroaminoto menyampaikan per  14 November 2020 Kabupaten Kebumen dinyatakan kembali  masuk Zona Merah kabupaten/kota di Jateng.


    Pada skala kecamatan yang berstatus sebagai Zona Merah hanya satu yakni Karanganyar. Sedangkan zonasi tingkat desa, setidaknya terdapat tujuh desa yang masuk zona merah. Ini meliputi Desa Joho Kecamatan Adimulyo, Desa Karanggayam, Kelurahan Kebumen, Desa Sadang Kulon Kecamatan Sadang, Desa Tukinggedong Puring, Desa Karangduwur Petanahan dan Desa Sidomukti Ambal.


    Untuk Kecamatan dengan Zona Orange, meliputi Sadang, Padureso, Poncowarno, Kutowinangun, Mirit, Ambal dan Kebumen. Selain itu Pejagoan, Sruweng, Adimulyo, Puring, Ayah dan kutowinangun. 


    Untuk Desa Zona Orange, meliputi Wonosari dan pucangan Kecamatan Sadang. Krakal, Sawangan, Seliling Kecamatan Alian. Balingasal Kecamatan Padureso. Tlogopragoto, Sarwogadung dan Mirit Kecamatan Mirit. Selain itu Petangkuran, Pucangan dan Singosari Kecamatan Ambal. Blater Kecamatan Poncowarno, Tanjungsari, Mekarsari, Babadsari,  Pejagatan Kecamatan Kutowinangun.


    Desa Tersobo, Sembir  Kecamatan Prembun, Banjurpasar dan Tanjungsari Kecamatan Buluspesantren. Depokrejo, Jatisari, Argopeni, Sumberadi, Kalirejo, selang, Adikarso, Panjer, Kawedusan, Karangsari, Bumirejo, Kutosari Kecamatan Kebumen. Desa Karangpoh, Logede dan Pejagoan Kecamatan Pejagoan. Karangduwur, Demangsari, Jatijajar Kecamatan Ayah. 


    Buayan Kecamatan Buayan, Jatiluhur dan Kretek Kecamatan Rorowokele. Kalitengah dan Gombong Kecamatan Gombong, Kalirejo Kecamatan Karanggayam. Krandegan Kecamatan Puring Sugihwaras, Meles, Pekuwon Kecamatan Adimulyo. Jatimulyo Kecamatan Petanahan. Purwodeso, Sidoarjo, Trikarso Kecamatan Sruweng.


    Dari jumlah pasien terkofimasi positif Corona sejumlah 1.647 orang, sebanyak 112 orang diantaranya terkonfirmasi tengah menjalani perawatan. Selain itu sebanyak 239 orang menjalani isolasi. Lima orang diantaranya dirujuk 5 dan meninggal dunia 58 orang. Sisanya yakni 1.233 terkonfirmasi sembuh.


    Disampaikan pula memperhatikan perkembangan kasus Positif Covid-19 di Kabupaten Kebumen, Gugus Tugas telah melakukan pengkajian kasus dan analisa data. Dari hasil kajian tersebut  menunjukkan bahwa kasus Positif Covid-19, masih berpotensi naik. “Namun, di sisi lain kehidupan beragama, pendidikan, sosial- ekonomi harus berjalan. Sehingga diperlukan upaya memasuki fase adaptasi kebiasaan baru (AKB) dengan dicirikan penerapan protokol pencegahan penularan covid-19 secara ketat,” katanya.


    Untuk itu, standar protokol kesehatan, seperti physical distancing dan social distancing, maskerisasi, p embatasan waktu kegiatan masyarakat, pembiasaan cuci tangan dan penggunaan disinfektan, perlakuan terhadap pemudik/pendatang harus dilaksanakan. “Gugus Tugas juga senantiasa melaksanakan berbagai upanya untuk penanganan Covid-19,” ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top