• Berita Terkini

    Selasa, 24 November 2020

    Kebumen Butuh Pemimpin yang Punya Jaringan Luas


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Proses demokrasi pemilihan bupati dan wakil Bupati Kebumen 2020 dinilai menjadi momentum yang bagus bagi Kota Beriman. Melalui momen ini, Kebumen diharapkan dapat memilih pemimpin yang punya visi misi sekaligus memiliki jaringan luas ke pusat.


    Hal ini menjadi sangat penting mengingat PR di Kebumen masih banyak. Dari soal kemiskinan hingga kondisi infrastruktur yang belum memadai.


    Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kebumen, dokter Hasan Bayuni, menilai Kebumen membutuhkan pemimpin yang visioner. Kabar baiknya, kapasitas itu dimiliki pasangan calon  bupati dan wakil Bupati Kebumen 2020 saat ini8, Arif Sugiyanto-Ristawati Purwaningsih.


    Khusus untuk Arif, dr Hasan menilai, sudah banyak memberikan kontribusi untuk pembangunan masyarakat Kebumen melalui relasi yang ia kembangkan. Selain cerdas, cakap sekligus integritas, Arif dinilai Hasan jelas merupakan sosok yang punya banyak relasi di tingkat pusat. 

    “Khususnya Pak Arif Sugiyanto, saya pribadi mengenal beliau memiliki jaringan yang luas baik di tingkat pusat. Apakah itu pemerintah maupun swasta. Bahkan di tingkat provinsi atau pun daerah, beliau juga memiliki relasi yang sangat luas,” ujar Hasan, ditemui di sela-sela acara Milad 108 tahun Muhammadiyah di Sruweng, Minggu (22/11/2020).


    Dari sisi integritas, Arif pun dinilai Hasan tidak meragukan. Arif dikenal memiliki rasa kepedulian yang sangat tinggi terhadap masyarakat. Sebagai  wakil bupati Kebumen, Arif bahkan tidak pernah mengambil gajinya sebagai pejabat daerah. Seluruh gajinya ia sumbangkan kepada lembaga amil zakat untuk kegiatan sosial. Ia mastikan jabatan tidak untuk mencari kekayaan, tapi untuk kemaslahatan masyarakat.


    "Beliau Pak Arif rutin menitipkan zakat, infaq, shadaqoh, kurban untuk kegiatan sosial membantu masyarakat terdampak covid. Ini dari harta beliau sendiri,” ujar Hasan  yang juga Ketua Lazismu Kebumen itu.


    Hasan yakin, Arif adalah sosok yang benar-benar dibutuhkan Kebumen saat ini. "Dengan jaringan yang luas, saya yakin Pak Arif akan lebih leluasa memikirkan kepentingan masyarakat. Ini akan sangat membantu untuk kemajuan Kebumen di masa yang akan datang,” ucap dokter Hasan yang juga merupakan Direktur PKU Muhamamdiyah Sruweng.


    Senada dengan dokter Hasan, Ketua Tanfidziah PCNU Kebumen H. Moh Dawamudin juga menyatakan hal yang sama. Kebumen ke depan kata dia, tentu membutuhkan sosok pemimpin yang jujur, amanah, kredibel, kapabel, visioner, bisa memahami persoalan Kebumen dan punya kemampuan untuk memberikan solusi terhadap persoalan yang ada.

    Di samping itu, Dawam mengatakan, bupati Kebumen ke depan juga harus punya kemampuan untuk melakukan lompatan-lompatan strategis dalam membangun berbagai bidang. Sebab, jika jalan atau cara kerjanya monoton, tidak punya terobosan, proses pembangunan di Kebumen akan berlangsung lama.

    “Nah untuk dapat melakukan lompatan-lompatan strategis, ya dibutuhkan pemimpin yang memiliki networking dengan para pembuat kebijakan di pemerintah pusat,” tutur Dawam saat dihubungi melalui saluran telepon.

    Misalnya  pembangunan Sentra Pengolahan Beras Terpadu atau Rice Milling Unit di Desa Kaliputih Kecamatan Kutowinangun. Ini merupakan hasil dari relasi Arif yang telah membangun hubungan baik dengan Kementerian BUMN, Pihak Bank Mandiri, dan PT Pertamina.

    “Untuk calon yang ada sekarang, saya kira sudah memberikan kontribusi untuk kebumen, misalnya adanya pembangunan Rice Miling di Kutowinangun. Dan itu menunjukkan bahwa beliau punya jejaring dengan orang-orang di pusat,” tuturnya.


    Kemudian ada lagi bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) traktor di Desa Sidomoro, Kecamatan Buluspesantren. Arif telah menyerahkan 15 traktor itu kepada 15 Gapoktan, traktor itu merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian.


    Lalu ada lagi bantuan subsidi untuk 752 TPQ dari Kementerian Agama. Termasuk bantuan untuk madrasah diniyah dan ibtidaiyah. Pihaknya juga tengah mengusulkan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) Pesantren untuk Kabupaten Kebumen segera ditambah.

    Di awal-awal pandemi Covid-19 ini, Arif mampu mendatangkan ribuan alat rapid test gratis dari pusat untuk dibagikan kepada warga. Saat itu, ia meminta seluruh kecamatan di Kebumen mengadakan rapid test gratis yang dipusatkan di pasar-pasar. Ini diperlukan untuk mendeteksi adanya virus corona di masing-masing zona.


    Di bidang transportasi, Kebumen patut bersyukur karena saat ini kereta eksekutif sudah bisa turun di Kebumen. Bahkan Kebumen juga kini sudah dilewati kereta bandara yang menghubungkan wilayah Kutoarjo sampai Yogyakarta, Solo. Masyarakat kini bisa lebih mudah untuk bepergian ke luar kota.

    “Harapan saya, pemimpin Kebumen ke depan ya harus visioner, Kebumen sebagai kabupaten termiskin di Jawa Tengah membutuhkan pemimpin yang kuat, visioner dan memiliki relasi yang luas. Dengan tiga kombinasi tersebut harapannya bisa mengantarkan Kebumen menjadi lebih sejahtera.” ujar Dawam.

    Arif Sugiyanto lahir di dukuh Ketugon Desa Muktisari dan besar Kuwarisan, Kelurahan Panjer, Kecamatan Kebumen, dan Rista lahir di Desa Purwodadi, Kecamatan Kuwarasan. Jika Rista lama membangun karier di tanah kelahiran dengan mendirikan rumah sakit Purwogondo, Kuwarasan, Arif justru mimilih berkarier di Jakarta.

    Pria lulusan SMPN 3 Kebumen dan SMAN 1 Prembun ini meniti karier di lembaga Kepolisan. Ia lama bertugas di Jakarta lebih dari 20 tahun. Waktu yang tidak sebentar itu, ia gunakan sebaik mungkin untuk menata dan membangun jaringan dengan berbagai pihak. Terutama di tingkat pusat.

    Dalam beberapa kesempatan saat bertemu dan menyapa warganya, pria yang dikarunia lima orang anak ini kerap menyampaikan relasi yang ia bangun bersama pemerintah pusat maupun pihak swasta akan terus dimaksimalkan untuk membangun daerahnya.(fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top