• Berita Terkini

    Minggu, 04 Oktober 2020

    Zona Merah Covid di Kebumen Tinggal Satu Kecamatan


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Berdasarkan peta zonasi, Kabupaten Kebumen kini berada di wilayah zona orange untuk tingkat Jawa Tengah. Sedangkan di tingkat Kebumen sendiri hingga kini hanya tersisa satu kecamatan zona merah yakni Kecamatan Kebumen.


    Selain itu delapan kecamatanya kini menjadi zona orange. Ini  Ambal, Mirit, Bonorowo, Padureso, Alian, Petanahan, Sempor, Rowokele. Tiga kecamatan pada zona hijau meliputi Puring, Klirong, Sadang. Sedangkan 14 kecamatan berada di zona kuning yakni Ayah, Buayan, Kewarasan, Gombong, Adimulyo, Karanganyar, Karanggayam, Sruweng, Pejagoan, Karangsambung, Poncowarno, Kutowinangun, Prembun.


    Sementara itu pasien positif Covid-19 di Kebumen masih terus mengalami peningkatan. Dalam beberapa hari saja di Bulan Oktober, tercatat peningkatan kasus cukup signifikan mencapai 59 pasien baru. Selain peningkatan pasien positif baru, juga ada penambahan untuk kasus meninggal dunia seorang pasien. 


    Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kebumen Cokro Aminoto, terdapat penambahan kasus positif baru sebanyak 8 orang. Tujuh kasus baru diantaranya karena kontak dengan kasus terkonfirmasi positif terdahulu. Kasus lain memiliki riwayat perjalanan lintas Sumatera.


    Delapan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 yaitu perempuan inisial UG (52), PW (37), AH (63), SUH (55), SUT (64), DAW (51), RIA (49). Satu kasus lain merupakan laki-laki berinisial AP (35). Sedangkan kasus meninggal yaitu SUT. Diketahui ia meninggal dunia sebelum status konfirmasinya keluar.  "Hingga saat ini kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Kebumen tercatat  717 orang, 301 menjalani isolasi, 397 sembuh dan 19 meninggal dunia," katanya, Minggu (4/10/2020).


    Adanya penambahan kasus baru tersebut, gugus tugas  kembali mengingatkan masyarakat Kebumen untuk selalu menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. Ini menggunakan masker saat keluar rumah, rutin melakukan cuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan menjauhi berkerumun. Disisi lain juga meningkatkan imunitas dengan menjaga pola makan dan olahraga. 


    Cokro menambahkan, Orang Dalam Pemantauan (ODP) hingga hari ini tercatat 3.465 orang dimana 6 orang diantaranya masih dalam pemantauan. Pasien Dengan Pengawasan (PDP) tercatat 447 orang. Sebanyak 38 meninggal dunia tanpa hasil laboratorium, yang masih dalam pengawasan ada sebanyak 34 orang dan 311 orang dengan hasil lab negatif. "Hari ini pasien dengan hasil lab negatif bertambah 93 orang," ucapnya. (mam) 


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top