• Berita Terkini

    Minggu, 18 Oktober 2020

    Senam Tangkal Covid-19 Sambut HUT ke-78 SMPN 1 Purworejo


    PURWOREJO- SMP Negeri 1 Purworejo yang familiar dengan sebutan Spensa Purworejo menggelar sederetan acara untuk menyambut dan menyemarakkan HUT ke-78 pada 20 Oktober 2020 mendatang. 


    Mengingat masih dalam suasana pandemi Covid-19, acara pun dikemas terbatas dan mengedepankan protokol kesehatan. Dua di antaranya juga ditujukan untuk menangkal penularan Covid-19, yakni senam aerobik bersama serta lomba penataan dan kebersihan kelas. 


    Senam diikuti siwa dari perwakilan kelas dan dibagi dalam beberapa sesi selama dua hari, Jumat- Sabtu (17-18/10), di lapangan sekolah. Masing-masing sesi terdiri atas 16 siswa. 


    Lomba berlangsung meriah dipuncaki dengan penerbangan ratusan balon oleh siswa dan guru sebagai simbol harapan dan suka cita menyambut HUT.


    “Dengan senam bersama ini kita ingin mengajak siswa untuk senantiasa menjaga kesehatan dan meningkatkan imun tubuh agar tidak mudah terpapar Covid-19,” kata Ketua Panitia Peringatan HUT ke-78 SMPN 1, Sunardi SPd, Minggu (19/10).


    Upaya pencegahan Covid-19 juga ditekankan sekolah melalui lomba penataan dan kebersihan kelas mulai Senin-Jumat (12-16/10). Selain menjadi asri dan nyaman untuk belajar, seluruh kelas diharapkan mampu menjadi tempat yang aman dari ancaman sumber penyakit. 


    “Selama adaptasi kebiasaan baru ini diterapkan pembelajaran konsultasi terprogram, jadi siswa yang masuk hanya sebagian dan bergantian. Jadi hanya 16 siswa per kelas,” sebutnya.


    Sunardi menjelaskan, dalam sepekan kemarin juga diadakan  berbagai kegiatan edukatif lainnya bagi siswa, antara lain Lomba Video Pendek dan Poster Digital. Siswa juga diajak berkolaborasi dengan orang tuanya dalam lomba menghias tumpeng. 


    Puncak HUT akan berlangsung pada Senin (19/10) malam dengan Gelar Doa Tasyakuran. Kemudian Resepsi peringatan HUT yang digelar secara virtual di aula sekolah dengan acara inti pemotongan tumpeng dan penyerahan simbolis bantuan sosial berupa 200 paket sembako bagi wali murid kurang mampu dan warga sekitar sekolah pada Selasa (20/10). 


    “Diagendakan penyerahan Bansos oleh Kepala Dindikpora Purworejo kepada perwakilan penerima. Dalam kesempatan itu jug akan kita lakukan zoom dengan alumni,” jelasnya. 


    Kepala SMPN 1 Purworejo, Sutarto MPd, mengapresiasi penyelenggaraan HUT tahun ini mengingat kuatnya kebersamaan antara sekolah, paguyuban wali murid, komite, dan alumni yang terwadahi dalam PeDji. Sejalan dengan tema HUT, pihaknya berharap para siswa dapat menjadi yang terbaik dalam bidang akademik maupun nonakademik. Tidak hanya di sekolah, melainkan juga di masyarakat. 


    “Kita bersyukur karena masih sejak berdiri pad 20 Oktober 1942 masih dipercaya masyarakat untuk menyelenggarakan pendidikan. HUT ini menjadi sarana refleksi agar menjadi lebih baik,” ungkapnya.(ndi)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top