• Berita Terkini

    Senin, 12 Oktober 2020

    Program Jogo Santri Diaplikasikan di Pesantren


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Upaya penanggulangan pencegahan penyebaran Covid-19 melalui program ‘’Jogo Santri’’ telah diaplikasikan di lingkungan pondok pesantren. Ini salah satunya dilakukan oleh Pondok Pesantren Al-Hasani Desa jatimulyo Kecamatan Alian Kebumen.


    Selain ketat menerapkan protokol kesehatan, seluruh aktivitas mengaji, kegiatan santri lainnya juga dilakukan dengan disiplin menerapkan 3M. Ini meliputi yakni memakai masker, menyediakan tempat cuci tangan dan menjaga jarak.


    Seperti yang diterapkan pada Minggu 11 Oktober 2020. Tim Satgas Jogo Santri tak segan-segan memberikan sangsi kepada santri yang tidak mematuhi protokol kesehatan. Meski begitu sanksi yang diterapkan lebih bersifat edukasi dan bermanfaat bagi santri.


    Adapun hukuman yang diberikan meliputi membaca amalan surat pendek, amalan kitab, serta hukuman olaharaga fisik seperti senam atau pushup.

    Pengasuh Pondok Pesantren Alhasani Gus Fachrudin Achmad Nawawi menjelaskan Tim Satgas Jogo Santri dibentuk sejak Agustus 2020 lalu. Ini terdiri dari santri senior putra dan putri. Mereka bertugas menjaga dan mangawasi keluar masuknya para santri dengan maksud untuk mencegah penularan virus covid 19 di lingkungan pesantren. "Tugas mereka yakni melakukan penertiban dan pendisiplinan kebersihan lingkungan pesantren. Ini mulai dari di kamar santri, hingga penerapan protokol kesehatan para santri saat beraktivitas di pondok,"tuturnya.


    Selain itu, Satgas Jogo Santri juga bertugas memberikan sosialisasi, edukasi kepada para santri. Ini agar paham akan pentingnya protokol kesehatan. Disis lain, Satgas Jogo Santri juga akan mencatat seluruh tamu pondok termasuk melarang sementara waktu bagi orang tua santri yang akan membesuk anaknya.

    "Untuk sementara waktu kami tidak perbolehkan orang tua membesuk anaknya. Kecuali sangat penting, itupun harus mengikuti panduan protokol kesehatan yang diterapkan Petugas Jogo Santri," katanya.


    Sementara itu, Ketua Satgas Jogo Santri Ponpes Al-hasani Ahmad Muzaini berharap, dengan adanya Satgas Jogo Santri, para santri bisa lebih mematuhi protokol kesehatan agar terhindar dari wabah Virus Covid-19. “Kami ingin para santri bisa terus mematuhi protokol kesehatan secara mandiri, tanpa harus ada yang mengawasi,”  ucapnya. (mam) 


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top