• Berita Terkini

    Jumat, 30 Oktober 2020

    Operasi Zebra Digelar Dua Pekan Kedepan


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Polri menggelar Operasi zebra candi 2020 serentak mulai tanggal 26 Oktober sampai dengan 8 November 2020. Selama dua pekan kedepan, warga masyarakat diimbau untuk kembali mengecek kelengkapan berkendara. 


    Operasi zebra candi digelar serentak mulai tanggal 26 Oktober sampai dengan 8 November 2020 atau dua pekan. "Cek Kembali kelengkapan berkendara. Saat ini kami tengah menggelar operasi zebra. Operasi digelar serentak dan terpusat dari Mabes Polri," jelas Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan, Kamis (29/10/2020).

    Operasi zebra candi digelar untuk menekan angka kecelakaan lalulintas dengan cara meningkatkan kedisiplinan berkendara.  Kecelakaan terjadi diawali dari sebuah pelanggaran. Melalui operasi ini warga akan lebih diingatkan untuk selalu tertib dalam berkendara. 


    Untuk operasi zebra tahun berbarengan dengan operasi rutin yustisi Covid-19 yang digelar Polres Kebumen.  "Intinya untuk meningkatkan kepatuhan berkendara, serta patuh terhadap protokol kesehatan. Saat ini penting bersama-sama memutus mata rantai penyebaran," kata AKBP Rudy. 

    Upaya meningkatkan kepatuhan berkendara, pihaknya juga melakukan penindakan terhadap 7 prioritas pelanggaran lalulintas. Tindakan berupa teguran humanis kepada para pelanggar.

    Pelanggaran itu meliputi, tidak memakai helm, bermain handphone saat berkendara, pengendara dibawah umur, pengendara mabuk alkohol, melawan arus lalu lintas, melebihi batas kecepatan, dan tidak memakai sabuk keselamatan. 


    Sisi menarik operasi zebra tahun ini, pengendara yang tertib berlalu lintas serta tertib protokol kesehatan akan diberi reward oleh Polres Kebumen. Reward bisa berupa pemberian sayur, jamu, minuman jahe, serta masih banyak lainnya.  "Reward tetap kita lakukan kepada mereka yang telah disiplin. Yang melanggar kita tegur," ujar AKBP Rudy. 


    Diungkapkan AKBP Rudy, dalam Operasi Zebra Candi tahun ini, Polres Kebumen mengedepankan kegiatan pendekatan diri kepada masyarakat.  Seperti yang dilakukan oleh Sat Lantas Polres Kebumen menggelar bagi air bersih kepada warga masyarakat terdampak banjir di Desa Sidobunder Kecamatan Puring Kebumen. 


    Selain itu, bantuan berupa sembako, beras, mie instant, telur, juga diberikan pada kesempatan siang kemarin. "Meski kegiatannya lebih ke kegiatan sosial, kita sampaikan tujuan dari Operasi Zebra ini. Warga kita ingatkan untuk tertib berlalu lintas."


    "Selain itu, melalui operasi ini pula, kami ingatkan warga untuk selalu menerapkan protokol kesehatan 4m, untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona covid-19 di Kebumen," pungkas AKBP Rudy. (win/cah)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top