• Berita Terkini

    Minggu, 18 Oktober 2020

    Kebumen Kembali Zona Merah, Masker Harus Diperketat


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Setelah sempat menjadi zona hijau, kuning dan oranye, kini Kebumen kembali masuk zona merah peta persebaran Covid-19 di Jawa Tengah. Kondisi tersebut tidak terlepas dari adanya penambahan pesien positif baru belakangan ini. Kembalinya Kebumen menjadi zona merah, penerapan protokol kesehatan diminta untuk diperketat kembali. 


    Ketua DPRD Kebumen Sarimun menyampaikan dimasa pandemi penerapan protokol kesehatan menjadi suatu keharusan. Terlebih penggunaan masker bagi masyarakat yang beraktivitas keluar rumah. Ini menjadi sarana paling mudah untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Kebumen. "Masyarakat harus menggunakan masker saat keluar rumah. Ini untuk mencegah penyebaran kasus," katanya, Minggu (18/10/2020). 


    Bukan itu saja,  masyarakat juga diminta menjauhi kerumunan. Salah satunya dengan menerapkan jaga jarak (physical distancing). Pihaknya juga meminta instansi pemerintah dan swasta untuk turut serta ikut menerapkan protokol kesehatan dalam pelayanan publiknya.  "Masyarakat juga perlu rajin mencuci tangan dengan sabun. Setiap instansi pemerintah harus menyediakan tempat cuci tangan dan menerapkan jaga jarak," tegasnya. 


    Sementara itu, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kebumen Cokro Aminoto menyampaikan terdapat penambahan kasus baru Kebumen 29 orang. Kasus baru ini, masih memiliki riwayat kontak erat dengan kasus terkonfirmasi terdahulu. Disisi lain, kasus kesembuhan pasien bertambah tiga orang.  "Hingga saat ini kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Kebumen tercatat 1093  orang. Dari sejumlah kasus terkonfirmasi, dirawat 90, menjalani isolasi 180, dirujuk 0, meninggal dunia 30 dan sembuh 783," ungkapnya. 


    Kendati Kebumen menjadi zona merah, namun kecamatan di Kabupaten Kebumen tidak ada yang berzona merah. Empat belas kecamatan masuk zona orange dan sepuluh kecamatan lain termasuk zona kuning. Sedangkan zona hijau hanya 2 kecamatan yakni Kecamatan Adimulyo dan Sadang. 


    Adanya penambahan kasus baru tersebut, satuan tugas  kembali mengingatkan masyarakat Kebumen untuk selalu menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. Yaitu menggunakan masker saat keluar rumah, rutin melakukan cuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan menjauhi berkerumun. Disisi lain juga meningkatkan imunitas dengan menjaga pola makan dan olahraga. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top