• Berita Terkini

    Kamis, 29 Oktober 2020

    Cuti Bersama, Penumpang Kereta Api Meningkat




    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Adanya libur panjang akibat cuti bersama berdampak pada peningkatan penumpang kereta api. Kendati jumlahnya tidak signifikan, namun peningkatan terjadi di wilayah kerja PT KAI Daop 5 Purwokerto. Peningkatan penumpang juga terjadi di Stasiun Kebumen yang mencapai berkisar 30 persen.



    Manager Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Supriyanto menyampaikan pada masa liburan panjang kali ini, di wilayah kerjanya telah berjalan sebanyak 18 kereta api. Ini mulai dari kereta api lokal seperti KA Bandara dan Prameks hingga kereta jarak jauh seperti Kutojaya Selatan, Bima, Jayakarta dan lain sebagainya.  "Terdapat peningkatan jumlah penumpang. Ini  baik naik ataupun turun," katanya, Kamis (29/10/2020).


    Supriyanto memperinci pada 27 Oktober jumlah penumpang naik sebanyak 2.237 dan turun 3.876. Sedangkan 28 Oktober penumpang naik 2.752 dan turun 4.749 orang. Bila dibandingkan hari-hari sebelumnya pada 22 hingga 26 Oktober berturut-turut penumpang naik 1.746, 2.001, 2.078, 2.994, 2.112 dan penumpang turun 1.786, 2.457, 2.359, 2.543 dan 2.127 orang. "Meskipun terdapat kerumunan banyak orang, namun kereta api tidak menjadi klaster penyebaran covid-19. Ini berkat adanya penerapan protokol kesehatan," imbuhnya.


    Dalam penerapan protokol kesehatan, lanjut Supriyanto, setiap pelanggan atau penumpang diwajibkan menggunakan masker, physical distancing dan mencuci tangan. Selain itu diterapkan juga perlindungan khusus untuk petugas frontline. Selain itu terdapat pula persyaratan tertulis bagi setiap orang yang akan melakukan perjalanan menggunakan transportasi umum. Ini baik melalui darat, udara, laut hingga kereta api, wajib membawa hasil tes PCR atau rapid tes yang berlaku selama 14 hari.


    Terkait dengan penggunaan face shield, hal ini dilaksanakan mengikuti rekomendasi dari Gugus Tugas Nasional. Hal tersebut merupakan alat perlindungan tambahan yang diberikan secara gratis kepada penumpang. Semua itu tentunya semata-mata demi mencegah penyebaran penularan Covid-19. "Kami pun mengikuti rekomendasi dari Gugus Tugas Nasional untuk penggunaan faceshield sebagai perlindungan tambahan. Faceshield kami berikan secara cuma-cuma bagi pelanggan KA jarak jauh," ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top