• Berita Terkini

    Kamis, 15 Oktober 2020

    Covid-19 Kebumen Tembus 1000 Kasus, Masyarakat Diminta Patuhi Protokol Kesehatan

     


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Mengabaikan protokol kesehatan sepertinya bukan pilihan bijaksana di tengah pandemi covid-19 yang masih berlangsung saat ini. Setidaknya, itu terlihat dari terus meningkatnya kasus positif covid-19 di Kebumen.

    Data Gugus Tugas Penanggulangan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kebumen menunjukkan, covid-19 di kota ini sudah menembus 1.045 per tanggal 15 Oktober kemarin. Jumlah itu meningkat drastis dari sehari sebelumnya yang 987. Selain itu, jumlah meninggal kini menjadi 27 dari sebelumnya 26. Sementara tingkat kesembuhan 661.


    Koordinator Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kebumen, Cokroaminoto kembali menegaskan, agar warga masyarakat terus berperan serta memutus rantai penyebaran covid-19 di Kabupaten Kebumen.


    Berdasarkan peta zonasi Kabupaten Kebumen yang dikeluarkan oleh Provinsi Jawa Tengah, edisi Kamis (8/10/20) yang diperbaharui tiap pekan, kabupaten Kebumen berada pada zona orange diantara Kabupaten/kota di Jawa Tengah.


    Di tingkat kabupaten Kebumen,  Kecamatan zona merah meliputi 3 kecamatan, masing-masing Kebumen, Alian, Pejagoan. Kemudian, zona orange 12 kecamatan meliputi Mirit, Bonorowo, Karangsambung, Prembun, Kutowinangun, Buluspesantren, Sruweng, Petanahan, Gombong, Kewarasan, Puring, dan Ayah.


    Sementara Kecamatan   zona kuning ada 7 kecamatan meliputi  Ambal, Klirong, Buayan, Rowokele, Sempor, Karanganyar, Karanggayam. Sementara kecamatan  zona hijau meliputi 4 kecamatan masing-masing  Adimulyo, Poncowarno, Padureso, Sadang. 


    "Masyarakat diminta untuk melakukan gerakan olahraga seperti seperti jalan sehat  senam bersepeda dan olahraga lain dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan," imbuh dia.



    Di sisi lain, lanjut Cokro Pemkab melalui Gugus Tugas terus melaksanakan upaya menekan covid 19 di Kebumen. Seperti melanjutkan penerapan kebijakan dan tata laksana penanganan Covid-19 Kabupaten Kebumen hingga ke tingkat kecamatan dan desa. Kemudian, sterilisasi  di sejumlah titik, baik di lingkungan rumah pasien, kantor.



    Selain itu, Gugus Tugas juga menyalurkan bantuan logistik untuk kontak erat Covid-19 di wilayah terdampak. Termasuk, pendirian dapur umum bertempat di markas PMI Kebumen. "DU tersebut dalam rangka mendukung logistik makanan untuk  yang saat ini sedang karantina mandiri. Pada Hari ini Tim DU menyiapkan 1.550 bungkus," katanya.(cah)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top