• Berita Terkini

    Kamis, 01 Oktober 2020

    Cegah Covid-19, Pramuka Kebumen Bagikan Masker di Pasar


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Pencegahan penyebaran Covid-19 tidak cukup hanya dilaksanakan oleh sebagian pihak saja, melainkan harus menjadi gerakan bersama seluruh elemen masyarakat. Sebagai bentuk kepedulian terhadap pencegahan Corona, Kwarcab Kebumen menggelar bakti sosial yakni pembagian masker kepada pedagang, Kamis (1/10/2020). 


    Kegiatan diikuti oleh Pengurus Kwarcab, Ketua Kwaran, Pramuka Peduli, Dewan Kerja Cabang (DKC) dan Unit Bantu Pertolongan Pramuka (Ubaloka). Ini juga dilaksanakan dalam rangka Peringatan Hari Kesaktian Pancasila. Adapun lokasi yang dituju yakni fasilitas publik. Ini seperti Pasar Tumenggungan, Jalan Kolopaking, Pasar Burung, Terminal Angkot dan Alun-alun Kebumen. 


    Sekda Kabupaten Kebumen yang juga merupakan Ketua Kwarcab H Ahmad Ujang Sugiono, dalam kesempatan tersebut menyampaikan aksi ini dilakukan secara serentak di seluruh Wilayah Jawa Tengah. Adapun untuk Kabupaten Kebumen, jumlah masker yang dibagikan sebanyak 1.450 lembar.  


    Masker dibagikan kepada para pedagang dan masyarakat umum yang belum memenuhi standar protokol kesehatan. Pembagian masker menjadi salah satu upaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona yang kini tengah meraja lela. "Sasaran yakni para pedagang, pembeli dan masyarakat yang tidak/belum memenuhi persyaratan," katanya.

    Sekda Ujang juga mengimbau kepada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan. Ini dapat dilaksanakan dengan menerapkan 4M yang meliputi memakai masker ketika di luar rumah, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak minimal 1 meter ketika bersama orang lain, dan menjauhi kerumunan. Disamping itu dihimbau pula agar masyarakat senantiasa menjaga imunitas tubuh dalam keadaan baik dengan. 


    Beragam cara dapat dilaksanakan untuk menjaga imunitas tubuh. Ini meliputi asupan gizi yang seimbang, istirahat yang cukup serta berolahraga secara teratur. Imunitas sangat penting menjadi untuk membentengi tubuh dari serangan pelbagai macam penyakit.  "Untuk itu penting makan dengan gizi seimbang, berolahraga dengan teratur, istirahat yang cukup dan menghindari stress," imbuhnya. 


    Sementara Korlap Unit Bantu Pertolongan Pramuka (Ubaloka) Kebumen Fitriadi Prihartanto mengemukakan elemen masyarakat lain perlu membantu pemerintah dalam rangka pencegahan Covid-19. Apalagi di Kebumen akhir-akhir terjadi peningkatan jumlah kasus positif. “Dengan demikian antisipasi dengan edukasi masyarakat mutlak diperlukan,” ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top