• Berita Terkini

    Rabu, 30 September 2020

    Warga Tertib Bermasker Diberi Uang Saku Kapolres Kebumen

     


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Jajaran Polres Kebumen terus menggencarkan kebiasaan baru dalam mencegah penyebaran covid-19. Tak hanya memberikan sanksi bagi pelanggar, Polres juga memberikan penghargaan bagi mereka yang patuh.


    Seperti yang dilakukan  Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan saat melakukan sidak dompet pada mereka yang tertib protokol kesehatan, Rabu (30/9/2020). Bagi pengendara yang bermasker dan kedapatan tidak memiliki uang di dompetnya, langsung diisi oleh Kapolres Kebumen pecahan ratusan ribu dan lima puluh ribuan.

    Diungkapkan AKBP Rudy, apa yang dilakukan adalah bentuk reward kepada para warga masyarakat yang telah patuh terhadap protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. 


    "Semoga apa yang kita lakukan ini bisa menjadi rangsangan positif kepada warga masyarakat untuk selalu mengenakan masker," jelas AKBP Rudy didampingi Wakapolres Kompol Subagyo dan pejabat utama Polres.

    Operasi Yustisi yang digelar di kawasan Alun-alun Kebumen tepatnya di depan Gedung DPR menertibkan para pengendara yang tak bermasker dan bergerombol.  "Alhamdulillah Pak, saya pas nggak bawa uang. Dompet kosong, cuma ada surat-surat. Malah dikasih uang sama Pak Kapolres. Saya kalau ke mana-mana selalu mengenakan masker. Ternyata ada hikmahnya," ucap Rohmadi pengendara sepeda motor warga Karanganyar Kebumen. 

    Selain itu Kapolres Kebumen juga membagikan sayur kepada ibu-ibu yang tertib bermasker. Kepada bapak-bapak yang tertib juga diberikan wedang jahe, dan kembang tahu.

    Tak hanya itu, Polres juga membagikan sayur, rempah-rempah, jamu, wedang jahe dan kembang tahu kepada para pengguna jalan. Namun perlu digaris bawahi, mereka yang berhak mendapatkan adalah para pengguna jalan yang tertib protokol kesehatan mengenakan masker.

    "Yang tertib dapat reward. Yang melanggar kita berikan sanksi sosial," jelas AKBP Rudy didampingi Wakapolres Kompol Subagyo dan penjabat utama Polres saat memimpin jalannya Operasi Yustisi penertiban protokol kesehatan, penerapan adaptasi kebiasaan baru di kawasan alun-alun Kebumen tepatnya di depan Gedung DPR Kebumen, Rabu (30/9).


    Seluruh pengguna jalan dari arah barat dihentikan dan dicek penggunaan maskernya. Diungkapkan AKBP Rudy, sayur bagus jika dikonsumsi, serta apat meningkatkan imun tubuh. Begitu juga wedang jahe, kembang tahu serta jamu.


    Makanan dan minuman itu dipercaya mengandung banyak nutrisi yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh.  "Jadi, nanti sayur bisa dibawa pulang terus di masak. Jamu maupun wedang jahe atau kembang tahu bisa langsung dikonsumsi, bagus untuk kesehatan," ungan AKBP Rudy. 


    Para pengguna jalan menyambut baik kegiatan Polres Kebumen itu. Ratna salah satu pengguna jalan yang semula akan pergi ke pasar untuk membeli sayur malah mendapatkan dua paket sayur bening. "Ini juga niatnya mau ke pasar beli sayur, malah sudah dikasih sama Pak Polisi. Terimakasih banyak Pak. Yang sering ya Pak," kata Ratna warga Kauman Kebumen. 

    Saat ini penggunaan masker harus menjadi kewajiban karena kasus positif covid-19 di Kebumen terus meroket. Penggunaan masker sesuai ketentuan WHO dapat memutus mata rantai penyebaran virus corona covid-19. (win/cah)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top