• Berita Terkini

    Selasa, 08 September 2020

    Warga Sambut Baik Pendirian UNS di Kebumen

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Adanya rencana Pemkab Kebumen terkait kerjsama dengan Universitas Sebelas Maret (UNS) disambut baik oleh warga. Hal ini lantaran selain sebagai fasilitas pendidikan, adanya kampus dinilai akan kembali menghidupkan perekonomian.

    Di pusat pendidikan, tentunya akan banyak mahasiswa. Ini dapat membuka peluang kos-kosan, warung makanan, jajanan hingga alat tulis dan kebutuhan lainnya. Kawasan RSUD lama Kebumen akan kembali ramai dengan aktifitas ekonomi.

    Hal tersebut disampaikan oleh Slamet Triyatna MPd. Warga RT 5 RW 1 Kelurahan Panjer tersebut menyambut baik adanya rencana pendirian Kampus UNS. Menurutnya saat RSUD lama masih beroperasi sangat berpengaruh terhadap perekonomian warga. “Dulu sangat baik, ada kos-kosan, warung, jasa ojek dan lainnya,” tuturnya, Selasa (8/9/2020).

    Setelah RSUD pindah kawasan tersebut kini sepi. Tidak ada lagi keramaian dan secara perekonomian menurun drastis. Tidak ada lagi aktifitas ekonomi seperti jasa ojek, warung, becak dan lainnya. “Perubahan tersebut sangat drastis. Hal ini pasti sangat dirasakan oleh warga masyarakat sekitar RSUD,” ungkapnya, yang juga merupakaan Guru Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Sruweng itu.

    Adanya rencana kerjasama Pemkab dengan UNS, diharapan dapat memulihkan kembali kondisi di kawasan  RSUD lama seperti sedia kala. Bahkan jika rencana tersebut berhasil,  pihaknya  optimis dampak ekonomi akan lebih baik dari sebelumnya.

    Selain itu adanya Kampus  UNS juga dapat memfasilitasi masyarakat Kebumen yang hendak melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri. Dimana selama ini jika hendak kuliah di PTN harus jauh keluar daerah. “Saya kira kebanyakan masyarakat juga akan setuju dan menyambut baik berdirinya UNS di Kebumen,” katanya.

    Terlepas dari itu semua, sebelumnya Bupati Kebumen H Yazid Mahfudz menyampaikan adanya kampus negeri dikawasan tersebut akan berdampak sangat luas. Dimana nantinya akan ada ratusan atau bahkan ribuan mahasiswa yang berada ditempat tersebut. Selain itu kawasan Kodim 0709/Kebumen saat ini, akan menjadi sentra ekonomi. “Disisi lain exit tol berada di Desa Sidamara, maka Stasiun Kebumen jadi tengah kota. Adanya kampus, kuliah mahasiswa UNS S1 juga agar kawasan tersebut tidak rusak dan mangkrak,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top