• Berita Terkini

    Kamis, 24 September 2020

    Undian Nomer Urut, Arif-Rista Dapat Kolom Sebelah Kanan


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Usai melakukan proses penetapan calon, Komisi Pemilihan Umum (KPU) kembali melanjutkan tahapan Pilkada Kebumen 2020 dengan menggelar rapat Pleno Terbuka Pengundian Tata Letak Pasangan Calon, Kamis (24/9/2020).


    Tampak hadir kemarin, Arif-Sugiyanto-Ristawati Purwaningsih Bawaslu dan Liaison Officer (LO) atau tim penghubung pasangan calon. Sementara para pimpinan parpol pendukung nampak hadir di halaman kantor KPU Kebumen. Undian dibagi dua kolom berbentuk bumbung tertutup rapat.


    Dalam kesempatan ini, KPU menyediakan dua gulungan sampel surat suara yang dibungkus dalam wadah silinder berhias batik. Arif Sugiyanto dan Ristawati Purwaningsih kemudian dipersilakan mengambil. Hasilnya, Arif Rista (sebutan pasangan  Arif-Sugiyanto-Ristawati Purwaningsih) mendapatkan posisi kanan. 


    Sementara sisa satu gulungan diambil oleh Ketua KPU dan dibuka di depan awak media dengan posisi foto paslon di sebelah kiri. Itu artinya, dalam surat suara resmi, pasangan Arif-Rista akan berada di sebelah kanan kotak kosong.



    "Karena di Kebumen hanya terdapat satu paslon maka sesuai PKPU Nomor 13 tahun 2018 tentang Pilkada dengan satu calon, maka pengundian nomor urut diganti dengan pengundian tata letak pasangan calon," terang Ketua KPU Kabupaten Kebumen Yulianto.


    Setelah proses ini, selanjutnya KPU Kebumen akan membuat spesimen surat suara yang nantinya akan digunakan di hari pencoblosan. Acara ditutup dengan penandatanganan berita acara oleh Ketua KPU Kebumen diikuti oleh para Komisioner.


    Sementara itu, Calon Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto mengaku bersyukur seluruh tahapan Pilkada Kebumen berlangsung aman dan lancar. Soal posisi kanan pada surat suara, Arif pun mengaku lega. "Menurut kami, ini awal yang baik. Namun demikian, kerja harus lebih maksimal," ujarnya.



    Di saat bersamaan,  Arif menegaskan, pihaknya sangat menyadari pelaksanaan Pilkada kali ini berlangsung di tengah pandemi covid-19. Jadi, Arif menegaskan, mereka sangat berupaya keras agar pelaksanaan Pilkada 9 Desember mendatang mengutamakan kesehatan dan keselamatan.


    "Yang paling penting kita berdua, saya (Arif Sugiyanto) dan Bu Rista di Pilkada tahun ini harus mengutamakan keselamatan ditengah pandemi, sekali lagi keselamatan masyarakat yang paling utama," katanya.


    Disinggung soal teknis penyampaian visi misi di tengah pandemi, Arif mengaku telah memiliki cara tersendiri. Ia memastikan metode penyampaian visi misi telah tersistem yang berbeda dengan pilkada tahun sebelumnya. "Proses kampanye nanti selama dua bulan tentunya ini tersistem dan dilakukan pembatasan, karena keselamatan masyarakat yang kami utamakan," ujarnya.


    Karena saat ini sudah resmi menjadi kandidat Pilkada Kebumen 2020, Arif Sugiyanto juga akan mengajukan cuti selama proses kampanye. Selain itu, Arif menegaskan tidak akan lagi menggunakan fasilitas negara yang selama ini ia gunakan sebagai Wakil Bupati.


    Arif akan cuti mulai tanggal 26 September 2020 mendatang samapai dua bulan proses kampanye dan pilkada. ”Tanggal 26 besok saya akan cuti meninggalkan rumah dinas, kendaraan sudah dikembalikan, kampanye selama dua bulan tentunya sudah tersistem, karena keselamatan masyarakat paling utama," katanya. (fur)



    Berita Terbaru :


    Scroll to Top