• Berita Terkini

    Selasa, 01 September 2020

    Trans Jateng Rute Magelang-Purworejo Resmi Beroperasi

    PURWOREJO- Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP bersama Bupati Purworejo H Agus Bastian SE MM dan Wakil Bupati Yuli Hastuti SH meresmikan layanan Trans Jateng Koridor I Rute Kutoarjo – Borobudur, Selasa (1/9/2020). Peresmian ditandai dengan pemecahan kendil oleh Gubernur dan pelepasan Bus Trans Jateng di Pendopo Kabupaten Purworejo.

    Koridor I Rute Kutoarjo – Borobudur ini merupakan rute keempat Angkutan Aglomerasi Trans Jateng. Sebelumnya telah dibuka layanan Angkutan Aglomerasi Trans Jateng Kawasan Kedungsepur-Tawang-Bawen tahun 2017, Kawasan Barlingmascakeb Rute Purworkerto-Purbalingga tahun 2018 dan Rute Terminal Mangkang-Kendal tahun 2019.

    Gubernur mengatakan, Borobudur menjadi super prioritas KSPN yang ada di Jawa Tengah. Dengan hadirnya Aglomerasi Trans Jateng diharapkan mampu menjadi pendorong daya tarik wisata Borobudur, sekaligus menjadi generator bagi kebangkitan pariwisata di Jateng.

    Dengan adanya dukungan alat transportasi ini, lanjutnya, diharapkan dapat membantu kelancaran ekonomi, pariwisata dan transportasi didaerah. Kedepan tidak menutup kemungkinan jalur atau rute yang dilalui bisa berubah, akan dilakukan review kembali jika diperlukan.

    Pihaknya akan terus bekerjasama dengan Kemenhub agar Angkutan Aglomerasi Trans Jateng dapat terus berkelanjutan. Pemprov Jateng akan menyediakan subsidi, sehingga diharapkan masyarakat dapat mendapatkan transportasi yang nyaman dan terjamin.

    “Harapannya masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas dengan gampang. Mulai hari ini hingga tanggal 9 September kita akan uji coba gratis. Kita akan mencoba membantu transportasi umum sesuai janji saya dulu. Apalagi sekarang pandemi Covid, mudah-mudahan transportasi ini bisa membantu masyarakat,” tandas Ganjar.

    Bupati menyampaikan Kabupaten Purworejo yang berada di jalur utama transportasi Jawa bagian selatan, memiliki kepadatan arus lalu lintas yang cukup tinggi.  Apalagi saat ini ada beberapa proyek strategis nasional yang bersinggungan bahkan berada di wilayah Kabupaten Purworejo, yakni Bandara YIA, BOB, dan Bendungan Bener.

    “Dengan beroperasinya Bus Trans Jateng koridor I Rute Kutoarjo – Borobudur, diharapkan dapat membawa dampak positif bagi masyarakat khususnya di Kabupaten Purworejo. Bukan hanya tersedianya transportasi yang aman, nyaman dan terjangkau, namun juga semakin menghidupkan roda perekonomian masyarakat,” kata Bupati.

    Sementara itu Kadinhub Provinsi Jateng Ir Satriyo Hidayat menjelaskan, Armada Trans Jateng yang telah disiapkan sebanyak 14 unit dengan jumlah rekrutan petugas Trans Jateng sebanyak 73 orang dengan jumlah halte berjumlah 14 titik.

    Satriyo menambahkan, Operator Trans Jateng juga melakukan penerapan protokol kesehatan. Seperti dengan pengaturan jarak antrian dihalte, penyemprotan disinfektan secara rutin di bus dan halte serta mengatur jarak antar penumpang.(ndi)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top