• Berita Terkini

    Kamis, 17 September 2020

    Tengah Malam, Petugas BPS Sensus Tuna Wisma


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Kerja keras dilaksanakan oleh Tim Task Force bentukan Badan Pusat Statistik (BPS) Kebumen untuk melaksanakan Sensus Penduduk Tahun 2020 untuk orang tuna wisma. Pasalnya petugas  harus menyusuri untuk mencari titik-titik tempat tuna wisma bermalam. 


    Kegiatan tersebut dilajsanakan selama dua yang dimulai 15 September lalu.  Kegiatan sensus malah hari itu dinamakan Census Night. Melalui program tersebut, tim Task Force bergerak mulai pukul 21:00 WIB hingga pukul 06:00 WIB esok harinya.


    Kepala BPS Kebumen Kus Haryono menjelaskan pihaknya menargetkan seluruh warga di Kabupaten Kebumen dapat terdata dalam Sensus Penduduk tahun 2020. Ini tidak terkecuali mereka yang tidak memiliki tempat tinggal atau tuna wisma. Saat menjalankan tugas, Petugas BPS dengan dikawal oleh Satpol PP Kebumen untuk menyusur wilayah emperan toko di pasar, area terminal hingga Stasiun Kebumen. "Census Night juga kami laksanakan di tempat-tempat khusus seperti pondok pesantren, panti asuhan dan  panti rehabilitasi mental," tutur Kus Haryono, Kamis (17/9/2020).


    Dijelaskannya, untuk menjangkau seluruh wilayah Kebumen tersebut, Tim Task Force Census Night dibagi menjadi tiga bagian. Ini untuk wilayah Kebumen Wilayah Timur, Tengah dan Barat. Wilayah Timur meliputi Pasar dan Alun- alun  Prembun, Pasar dan Alun- alun Kutowinangun, serta  pasar dan Alun-alun Ambal.


    Untuk bagian Tengah meliputi Wilayah Kebumen Kota yakni Pasar Tumenggungan, Area Taman Kota, Alun- alun Kebumen, Stadion, Stasiun, Terminal Colt, Terminal Bus dan Pasar Ayam Tamanwinangun. Kemudian di Kecamatan Sruweng meliputi Pasar Tengok, Pasar Kejawang, Pasar Petanahan dan Pasar Dorowati Klirong.


    Sedangkan wilayah barat, petugas terjun mendata penduduk  tunawisma mulai dari Pasar dan Alun-alun Karanganyar serta pasar dan Terminal Bus Gombong. Selain itu  Pasar Sitiadi Puring dan Pool Bus komersil di Wilayah Purbowangi. (mam)



    Berita Terbaru :


    Scroll to Top