• Berita Terkini

    Minggu, 06 September 2020

    Purworejo Wujudkan Basis Data Pertanahan Terintregrasi

    PURWOREJO- Pemerintah Kabupaten Purworejo menjalin kerjasama dengan badan petanahan dengan menerbitkan Surat Keputusan Bersama (SKB), tentang pembentukan tim pembangunan basis data pertanahan terintegrasi berbasis bidang tanah kabupaten.

    Melalui kerjasama antara Kantor Pertanahan, Pemeritah Daerah dan Pemerintah Desa ini diharapkan mampu mewujudkan database pertanahan berbasis bidang tanah yang valid, lengkap, terintegrasi, dan terjaga keberlangsungannya di seluruh wilayah Kabupaten Purworejo.

    Bupati Purworejo H Agus Bastian SE MM mengatakan dengan kerjasama yang baik antara ketiga komponen ini, dirinya meyakini dan percaya jika target mewujudkan Peta Lengkap Tahun 2025 dengan jumlah keseluruhan sebanyak 1.004.641 bidang tanah, akan dapat tercapai.

    “Pemerintah Kabupaten Purworejo sangat mendukung pembangunan basis data pertanahan, karena akan sangat berguna dalam memformulasikan kebijakan rencana tata ruang dan menyusun arah pembangunan daerah,” katanya.

    “Selain itu, terwujudnya basis data pertanahan juga akan sangat strategis bagi upaya optimalisasi penerimaan pajak bumi dan bangunan pedesaan perkotaan (PBB-P2),” imbuhnya.

    Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Purworejo Suwitri Iriyanto menjelaskan jika kegiatan ini dilaksanakan karena berkaitan dengan kegiatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

    Upaya ini dipakai untuk mengisi kekosoggan dan jika ada kegiatan PTSL nantinya dapat segera dilaksanakan. Paling tidak diharapkan 80% kegiatan sudah dilaksanakan, sedangkan sertifikisi perlaksanaannya menunggu anggaran APBN.

    Pihaknya sebelumnya telah melakukan MoU dengan beberapa OPD seperi BPPKAD, DPUPR, Perkimtan, Dinpermasdes dan Disdukcapil. Diharapkan kegiatan ini dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan. Nantinya, hasil dari kegiatan ini dapat dipakai oleh berbagai pihak.

    “Saya berharap kegiatan ini bisa berjalan sempurna dan bermanfaat bagi masyarakat yang menghadirkan informasi yang berkaitan dengan pertanahan,” terang Suwitri.(ndi)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top