• Berita Terkini

    Sabtu, 19 September 2020

    Penyandang Disabilitas Diminta Turut Aktif Bangun Purworejo


    PURWOREJO- Penyandang Disabilitas diharapkan untuk terus meningkatkan kemampuan, keterampilan diri, sehingga akan mampu berperan serta secara aktif dalam mengisi pembangunan.


    Hal itu dikatakan Bupati H Agus Bastian SE MM saat menghadiri pertemuan rutin dan sarasehan Ikatan Disabilitas Purworejo (IDP) di Rusunawa Bayeman, belum lama ini.


    Hadir Wakil Ketua DPRD Purworejo Yopi Prabowo, Kabag Humas dan Protokol Rita Purnama SSTP, KADINSOSDUKKBPPPA dr Kuswantoro M Kes, Pengurus dan Pendamping IDP serta berbagai Komunitas Sosial di Purworejo.


    Bupati menambahkan. Pemkab selama ini terus berupaya memotivasi masyarakat untuk mewujudkan dan mendorong kesejahteraan dan pemenuhan hak-hak Penyandang Disabilitas. 


    Meskipun disabilitas identik dengan keterbatasan, namun ternyata banyak juga yang mampu berprestasi diberbagai bidang, bahkan menjadi pelaku usaha yang memberi mata pencaharian bagi banyak orang.


    “Anggapan yang menyebutkan penyandang disabilitas hanya menjadi beban keluarga, harus dibuang jauh-jauh. Karena, ternyata potensi yang dimiliki Penyandang Disabilitas terkadang melebihi kapasitas dan kemampuan orang yang sempurna secara fisik dan mental,” katanya.


    Bupati menambahkan, perlindungan terhadap kedudukan, hak dan kewajiban dan peran Penyandang Disabilitas merupakan kewajiban yang tidak saja melekat pada pemerintah, tetapi  juga  setiap  individu, baik dalam memenuhi kewajiban sosial maupun sebagai realisasi ajaran agama.


    Menurutnya, disabilitas bukanlah merupakan hambatan untuk berprestasi dan berpartisipasi dalam pembangunan, namun justru harus menjadi pemacu semangat untuk berkontribusi secara maksimal sebagaimana warga masyarakat lainnya.


    “Dengan adanya Ikatan Disabilitas Purworejo, diharapkan mampu menjadi wadah untuk menyatukan sekaligus meningkatkan kualitas dan akesabilitas para disabilitas di Kabupaten Purworejo,” imbuhnya.


    Sementara itu, Harmanto selaku Ketua IDP mengatakan jika dirinya dan seluruh anggota IDP siap mendukung semua program pemerintah. 


    Anggota IDP saat ini sekitar 300 tersebar di seluruh kecamatan di Purworejo akan ikut mendukung pembangunan demi kemajuan Kabupaten Purworejo.(ndi)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top