• Berita Terkini

    Kamis, 17 September 2020

    Pengurus PKK Kelurahan Purworejo Dilatih Batik Ecoprint


    PURWOREJO- Wakil Bupati Hj Yuli Hastuti SH mengatakan, berbagai bentuk bantuan kepada masyarakat baik dari pemerintah kabupaten, provinsi maupun pusat terus mengalir. Semua bantuan diharapkan untuk kesejahteraan penerima manfaat dan untuk meningkatkan pendapatan keluarga yang tujuannya untuk pengentasan kemiskinan. Salah satunya bantuan untuk kegiatan pelatihan batik ecoprint ini.


    “Dari bantuan diharapkan akan menjadikan kemandirian bagi masyarakat penerima bantuan. Kita semua juga harus memulai berlatih mandiri. Artinya tidak selalu menggantungkan bantuan, karena tidak selamanya program bantuan terus ada. Maka kita harus bisa berinovasi memanfaatkan dan mengembangkan bantuan secara maksimal,” tandas Yuli Hastuti pada pelatihan batik ecoprint  bagi pengurus dan anggota TP PKK Kelurahan Purworejo, di Aula Kelurahan Purworejo, kemarin.


    Lebih lanjut Yuli Hastuti mengatakan, program bantuan yang dimanfaatkan untuk pelatihan ini sangat tepat, karena pemerintah sudah mengingatkan bantuan jangan hanya digunakan untuk pembangunan infrastruktur saja tetapi juga harus melaksanakan pembangunan sumberdaya manusia. Pembangunan SDM penting untuk mengasah kemampuan seperti pelatihan batik ecoprint ini.


    “Hasil dari pelatihan ini, agar dipraktekkan juga agar bekerjasama dengan pihak kelurahan atau kecamatan. Suapya nantinya bisa bekerjasama dalam penyediaan seragam batik, sehingga memberdayakan produk PKK, Demikian juga pembuatan souvenir, juga bisa digunakan untuk hajatan pernikahan dan sebagainya. Sehingga produk sendiri dapat terangkat dan terpromosikan dengan baik,” harap Yuli Hastuti.


    Sementara itu Kepala Kelurahan Purworejo Adi Pawoko mengatakan, kegiatan pelatihan batik ecoprint akan dilaksankan selama dua hari yang diikuti perwakilan pengurus dan anggota PKK Kelurahan Purworejo. Tujuannya untuk meningkatkan dan mengembangkan keterampilan dalam membatik ecoprint yang harapannya akan dapat meningkatkan income keluarga.


    “Jika hasil batik ecoprint bisa bagus dan memuaskan, maka kelurahan langsung inden 10 paket batik. Dengan harapan inden ini sebagai modal juga untuk memberikan semangat, agar terus termotivasi dan memproduksi dan memasarkan.  Kami akan mengarahkan ketua RT, ketua RW untuk menggunakan batik produk PKK sendiri. Kami juga akan kerjasama dengan PDAU untuk bisa ditampilkan di showroom UMKM,” ujarnya. (ndi)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top