• Berita Terkini

    Jumat, 11 September 2020

    Pandemi, Haul Syaikh Ibrohim Asmorokondi Tiadakan Arak-arakan Ingkung

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Sama seperti tahun sebelumnya, warga Dusun Kuwarisan Kelurahan Panjer, Kecamatan Kebumen menggelar tradisi  Haul Syaikh Ibrohim Asmorokondi. Untuk tahun ini digelar Jumat kemarin (11/9/2020).

    Dalam tradisi ini, setiap keturunan atau warga Dusun Kuwarisan wajib membuat satu ingkung ayam berikut nasi dan lauk pauknya untuk satu keluarga. Aturan ini juga berlaku bagi mereka yang sudah pergi merantau atau tidak lagi tinggal di kampung halaman.

    Alhasil, banyak dari mereka rela mudik ke kampung halaman demi memperingati tradisi yang disakralkan itu. Jika tak sempat mudik, mereka menitipkan uang kepada sanak keluarga di kampung untuk membuatkan tumpeng ingkung atas nama dirinya.

    Menariknya lagi, ingkung tidak boleh dimakan sebelum didoakan oleh imam masjid.Pada kesemapatn ini, ribuan tumpeng ingkung yang biasanya dikirab keliling kampung menuju masjid.

    Hanya, untuk tahun ini, kirab ditiadakan mengingat situasi masih dalam masa pandemi covid-19. Jadi, ingkung hanya diarak dari depan halaman Masjid. Selain itu, jumlah peserta juga dibatasi dan wajib menggunakan masker. Kemudian tumpeng tersebut dibawa masuk kedalam masjid dan para jamaah mengikuti tahlil kubro bersama.

    Meski begitu, acara kemarin tetap berlangsung khidmat. Hadir kemarin, Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, Asisten 1 Setda Kebumen Hery Stiyanto, Kabag Kesra Setda Kebumen Wahib Tamam, Forkopimcam Kebumen serta para tokoh ulama dan ribuan jamaah.

    Wakil Bupati Arif, menyambut baik upaya warga Dusun Kuwarisan nguri-uri tradisi. Ia berharap kegiatan ini dapat meningkatkan dan kerukunan warga serta memperkuat tekad dan semangat masyarakat Kuwarisan Kelurahan Panjer dalam meneladani perjuangan dan pengabdian Syaikh Ibrahim Asmorokondi.
    "Atas nama pemerintah Kabupaten Kebumen, tentunya kami menyambut baik kegiatan ini. Semoga dapat menambah keimanan dan ketakwaan umat Islam di Kabupaten Kebumen," ujar Arif.

    Di saat bersamaan, Arif Sugiyanto  kembali menekankan kepada seluruh masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, salah satunya harus mengenakan masker saat melakukan aktivitas keluar rumah. Hal itu dilakukan, mengingat kasus covid 19 di Kabupaten Kebumen akhir akhir cendrung meningkat.

    "Kasus Covid 19 akhir akhir ini terus mengalami peningkatan, untuk itu kami pinta masyarakat harus mematuhi protokol kesehatan, gunakan masker saat keluar rumah, dan rajin berolahraga agar imun tubuh terjaga," ujar Arif.(fur/cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top