• Berita Terkini

    Kamis, 03 September 2020

    KPU Kebumen: Paslon Bakal Dilakukan Tes Swab

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Hari ini, Jumat (4/9/2020), KPU Kebumen membuka pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati Kebumen 2020. Pendaftaran akan dilaksanakan hingga 6 September 2020 mendatang. Pendaftaran di Kantor KPU Kebumen Jalan Arungbinang Nomor 14.

    Di tengah pandemi, KPU memberlakukan protokol kesehatan. Termasuk di dalamnya, paslon yang mendaftar akan dilakukan tes SWAB sebelum melakukan pendaftaran

    "Di masa Pandemi Corona ini, pendaftaran dilaksanakan dengan menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19. Ini meliputi pemakaian masker, penyediaan tempat cuci tangan dan hand sanitizer, penyemprotan desinfektan serta pembatasan peserta pendaftaran," kata Ketua KPU Kebumen Yulianto kemarin.


    Terkait peserta pendaftaran KPU Kebumen membatasi jumlah tim pendaftaran Bapaslon yang diijinkan masuk ke dalam ruangan. Ini terdiri dari Bakal Calon Bupati dan Bakal Calon Wakil Bupati, Ketua dan Sekretaris Partai Pengusul serta LO Bapaslon sebanyak dua orang dan Bawaslu dua  orang.
      Sementara itu para pendukung yang lain dapat menyaksikan proses pendaftaran di halaman KPU Kebumen melalui layar elektronik yang telah disediakan. Proses pendaftaran juga akan disiarkan secara langsung di media sosial KPU Kebumen sehingga masyarakat luas dapat menyaksikan.

    Yulianto menyampaikan, sesuai regulasi, Bapaslon yang mendaftar diwajibkan melakukan tes SWAB sebelum melakukan pendaftaran. Bapaslon yang hasil tes SWAB-nya dinyatakan negatif dapat melakukan pendaftaran secara langsung. “Namun bagi Bapaslon yang hasil tes SWAB-nya dinyatakan positif tidak diperkenankan hadir dalam proses pendaftaran dan akan dilakukan verifikasi secara langsung,” tuturnya, Kamis (3/9/2020).

    Dijelaskannya, KPU Kebumen bekerjasama dengan stakeholder terkait untuk melakukan pengamanan dan penerapan protokol kesehatan dalam proses pendaftaran. Sebagai informasi, KPU Kebumen akan melakukan penundaan pendaftaran pencalonan jika sampai hari terakhir masa pendaftaran tidak ada yang mendaftar atau hanya ada satu pasangan calon yang mendaftar. “Selanjutnya KPU Kebumen akan melakukan sosialiasasi kepada partai politik selama tiga hari dan membuka kembali pendaftaran pasangan calon selama tiga hari berikutnya,” jelasnya.

    Yuli juga menyamaikan hingga hari ini KPU telah mendapatkan pemberitahuan jika Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH dan Hj Ristawati Purwaningsih akan mendaftar pada Jumat (4/9). Rencananya pendaftaran dilaksanakan siang hari yakni habis Sholat Dzuhur. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top