• Berita Terkini

    Kamis, 13 Agustus 2020

    Warga Desa Tugu Kembali Dapat Bantuan Sumur Bor


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Kepedulian warga Desa Tugu Kecamatan Buayan terhadap daerah asal ini sungguh patut diapresiasi. Kendati sudah menetap dan tinggal di kota lain, mereka terus melakukan aksi peduli.

    Kali ini, warga perantauan Desa Tugu yang tergabung dalam Kowara kembali membantu pembuatan sumur bor. Bantuan ini sangat diperlukan warga Tugu, yang selama ini dikenal sebagai daerah yang selalu kesulitan air saat musim kemarau.

    Ketua Umum Kowara, Dimas Suparyo mengatakan bantuan pembuatan sumur kali ini merupakan sumbangsih Komunitas X-Xplore Indonesia di Jakarta. Dalam hal ini, Kowara Desa Tugu menyalurkannya kepada warga yang membutuhkan.

    Sekaligus sebagai program lanjutan Kowara yang pernah memberikan bantuan serupa di tahun 2019. "Komunitas X-Xplore Indonesia yang diketuai Om Anky punya visi sejalan dengan Kowara, yakni program "Water For Life". Sebagai bentuk kepedulian, mereka menyalurkan bantuan dengan membangun sumur bor komplit sampai air dapat digunakan," ujar Dimas kemarin (12/8/2020).

    Nantinya, sumur bakal dibuat di Dusun Prigi RT 5 RW 4 Desa Tugu. Sumur bakal dibuat hingga  kedalaman 107 meter di ketinggian wilayah 98 Mdpl. Proses pembuatan sumur, juga melibatkan relawan Sosial Kowara, anggota, beserta Pengurus.

    "Lokasi sudah ditinjau kemarin sabtu tanggal 08 Agustus 2020 komunitas X-Xplore Indonesia meninjau langsung proses pembuatan sumur," ungkap Dimas yang kemarin bersama Pembina Kowara, Ahmad Sugianto

    Ahmad Sugianto menambahkan, proses pembuatan sumur tersebut disambut baik oleh Pemerintah Desa Tugu. Kepala Desa Tugu, Sarijan beserta jajaran sangat antusias dan mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan ini. "Alhamdulillah semua elemen mendukung dan masyarakat juga antusias untuk perpartisipasi," imbuh Ahmad Sugianto yang kemarin bersama Kepala Desa Tugu, Sarijan.

    Ketua X-Xplore Indonesia, Anky mengatakan pihaknya merasa senang bisa berbagi. Mewakili komunitas, pihaknya juga mengucapkan terimakasih atas sambutan dari Pemdes dan Kowara serta masyarakat setempat. Anky berharap, bantuan ini bisa membantu meringankan warga masyarakat Desa Tugu. "Insya Alloh target sampai akhir November 2020. Ada 3 titik sumur bor  2 baru dan 1 Exiting," imbuh pria yang akrab disapa Om Anky itu. (fur)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top