• Berita Terkini

    Minggu, 30 Agustus 2020

    Semua Kepala Desa di Purworejo Akan Jalani Rapid Test Antigen

    PURWOREJO- Meningkatnya jumlah masyarakat Purworejo yang terkonfirmasi positif Covid-19, membuat Pemkab Purworejo mengambil berbagai langkah antisipatif. Bupati Purworejo bahkan memerintahkan agar semua kepala desa menjalani rapid test.

    “Para kepala desa akan dirapid test antigen di Puskesmas terdekat dengan wilayahnya masing-masing, mulai hari Selasa besok,” ungkap Juru Bicara Protokol Covid-19 Kabupaten Purworejo, dr Tolkha Amaruddin Sp THT KL, Sabtu (29/08/2020).

    Menurutnya, upaya tersebut dilakukan untuk mendeteksi penyebaran Covid-19. “Kepala desa merupakan orang yang sering berhubungan dengan banyak warga lainnya, sehingga termasuk orang yang rawan tertular Covid-19,” jelasnya 

    Dr Tolkha juga menginformasikan bahwa hari ini ada penambahan positif 17 orang berasal dari Kecamatan Kutoarjo 6 orang, Kecamatan Purworejo 5 orang serta dari Kecamatan Bayan, Loano, Grabag, Butuh, Bener dan Banyuurip masing-masing 1 orang. “Ada yang beralamat di Lampung dan Wonosobo, namun berdomisili di Purworejo,” ungkapnya.

    Selain itu ada seorang konfirmasi positif yang meninggal dunia, yang berasal dari Kecamatan Bener. Juga terdapat 1 orang probable yang meninggal, berasal dari Kecamatan Kaligesing.

    Dengan demikian jumlah pasien terkonfirmasi covid-19 saat ini sebanyak 392 orang. Dengan rincian 7 orang dirawat, 49 orang isolasi mandiri, 10 orang meninggal dan 326 orang selesai isolasi/sembuh.

    Terkait dengan meningkatnya jumlah warga Purworejo yang terkonfirmasi positif Covid-19, dr Tolkha melihat kurangnya kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan. “Karena itu kami tak bosan-bosannya mengingatkan agar masyarakat semakin ketat menerapkan protokol kesehatan,” harapnya.(ndi)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top