• Berita Terkini

    Jumat, 28 Agustus 2020

    Rencana Kerjasama Pemkab Kebumen dengan UNS Disorot

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Adanya rencana kerjasama Pemkab Kebumen yang akan menjadi kawasan Eks RSUD Lama menjadi Gedung Kampus Universitas Sebelas Maret UNS mendapat sorotan. Pemkab mempertimbangkan kembali rencana kerjasama tersebut.

    Di Kebumen sendiri kini telah banyak berdiri perguruan tinggi. Dalam hal ini rasio perguruan tinggi yang ada dan animo masyarakat perlu dipertimbangkan. Terlebih kini pemerintah mensejajarkan antara Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta.

    Rektor IAINU Kebumen Dr Imam Satibi menyampaikan banyaknya perguruan tinggi yang ada di Kebumen harusnya dipertimbangkan. Sampai saat ini rasio perguruan tinggi dan animo juga belum rasional. Apalagi jika ditambah hadirnya perguruan tinggi lain.

    “Bupati menurut saya harus setidak-tidaknya punya kearifan lokal, kendati sampai saat ini daerah belum banyak berbuat untuk mendukung peran perguruan tinggi. Kalau bagi IAINU sebagai PTKIS mungkin tidak terlalu khawatir. Namun bupati perlu mempertimbangkan perguruan tinggi umum,” tuturnya, Jumat (28/8/2020).

    Bupati Kebumen, KH  Yazid Mahfudz saat dikonfirmasi, membenarkan adanya rencana tersebut. Pihaknya juga menyamaikan telah bertemu dengan Wakil Rektor UNS Profesor Guntoro untuk membahas lebih lanjut mengenai pembangunan gedung tersebut.

    Menurutnya, tantangan ke depan tentunya akan semakin berat, sehingga membutuhkan SDM yang benar-benar berkualitas. Pemerintah bisa mengupayakannya dengan menyiapkan fasilitas pendidikan yang memadai, termasuk adanya perguruan tinggi negeri."Tolak ukur Kabupaten dikatakan maju jika ada perguruan tingginya, apalagi ini perguruan tinggi negeri,” katanya.

    Berangkat dari pemikiran tersebut, maka Bupati kemudian menyetujui gagasan kerjasama dengan UNS untuk mendirikan perguruan tinggi di Kebumen.  Proses pembangunannya sendiri harapannya bisa  dimulai pada 2021 mendatang. " MoU sedang di bahas oleh kedua belah pihak yakni Pemda dan UNS. Saya pastikan program tersebut akan jalan,” katanya.

    Adanya kampus negeri dikawasan tersebut akan berdampak sangat luas. Dimana nantinya akan ada ratusan atau bahkan ribuan mahasiswa yang berada ditempat tersebut. Selain itu kawasan Kodim 0709/Kebumen saat ini, akan menjadi sentra ekonomi. “Disisi lain exit tol berada di Desa Sidamara, maka Stasiun Kebumen jadi tengah kota. Adanya kampus, kuliah mahasiswa UNS S1 juga agar kawasan tersebut tidak rusak dan mangkrak,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top