• Berita Terkini

    Jumat, 14 Agustus 2020

    Ratusan Tukik Dilepas ke Pantai Laguna Kalibuntu

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Lebih dari 200 ekor Tukik dilepaskan di Pantai Laguna Kalibuntu Desa Jogosimo Kecamatan Klirong, Jumat (14/8/2020). Pelepasan anak penyu jenis Tongkang itu dalam rangka peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) 2020.

    Hadir dalam kegiatan yang kemarin diselenggarakan oleh Dinas Perkim LH Kabupaten tersebut,  Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, Cabang Dinas Kehutanan Wilayah VIII Jawa Tengah, Pertamina, Dandim 0709 Kebumen Letkol Kav MS Prawiranegara Matondang, Kepala BKSDA serta forkompincam, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Gajah Gunung, Desa Jogosimo  dan warga masyarakat setempat. Dalam acara itu dilakukan penanaman cemara laut sebagai konvservasi alam wilayah pesisir selatan Kebumen.


    Sebelumnya Tukik yang dilepas merupakan hasil konservasi Pokdarwis Gajah Gunung Desa Jogosimo bersama warga Laguna Kalibuntu Jogosimo. Awalnya warga masyarakat dan pokdarwis mengamankan telur penyu yang didapat dari Laguna Kalibuntu. Usai ditetaskan Tukikakan dilepas ke alam bebas untuk pengembalian ekosistem laut.

    Arif Sugiyanto mengatakan, pelepasan Tukik atau anak penyu itu bertujuan untuk melestarikan dan menjaga dari kepunahan. Sementara itu, penanaman cemara laut bertujuan untuk menahan abrasi dan sebagai pemasok oksigen bagi lingkungan. Tukik yang dilepas berjumlah lebih dari 200 ekor.

    "Sampai saat ini, di penangkaran tukik Laguna Kalibuntu masih terdapat lebih dari 500 telur yang belum menetas," katanya didampingi Kepala Disperkim LH Kebumen, Edy Rianto.

    Selain itu, Arif Sugiyanto mengapresiasi kegiatan tersebut. Dengan adanya penangkaran tukik menunjukkan kepedulian masyarakat terhadap kelestarian lingkungan, khususnya di wilayah pesisir selatan Kebumen.


    "Adanya penangkaran tukik ini menunjukkan bahwa masyarakat peduli terhadap kelestarian lingkungan. Hal ini juga menunjukkan bahwa wilayah laut di Kabupaten Kebumen masih sehat, dan kita harus menjaga bersama-sama," ujar Arif.

    Tak kalah penting, Arif  berpesan kepada seluruh masyarakat untuk selalu berkarya dalam melestarikan lingkungan. Pihaknya juga mengajak semua pihak untuk bersama-sama senantiasa menjaga kelestarian lingkungan.

    Dalam kesempatan itu sejumlah pejabat yang hadir menandatangani dukungan terhadap program konservasi lingkungan yang dinamai "My Darling" (Masyarakat Sadar Konservasi Lingkungan). (fur)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top