• Berita Terkini

    Sabtu, 01 Agustus 2020

    Ratusan Pengawas Pemilu Purworejo Segera Jalani Rapid Test

    PURWOREJO- Ratusan pengawas Pemilu di Kabupaten Purworejo akan menjalani rapid test untuk mendeteksi adanya infeksi virus Corona (COVID-19). Rapid test dilaksanakan untuk mengetahui kesehatan jajaran pengawas selama melakukan pengawasan Pilkada yang berlangsung di masa kebiasan baru (new habit).

    “Rapid test tersebut merupakan amanah regulasi dr SE Bawaslu RI sebagai salah satu instrumen dalam pencegahan covid 19,” kata Ketua Bawaslu Purworejo Nur Kholiq SH SThI MKn.

    Menurut Kholiq, rapid tersebut akan dilakukan pasca jajaran pengawas melakukan kegiatan pengawasan verifikasi faktual dukungan bakal calon perseorangan.

    “Pelaksanaan rapid test untuk jajaran pengawas, mulai dari tingkat kabupaten hingga tingkat desa. Sekaligus juga untuk melakukan pengawasan pencocokan dan penelitian (coklit) daftar pemilih,” katanya.

    Kholiq berharap dengan adanya rapid tersebut, akan terdeteksi apabila ada kasus covid 19. Namun diharapkan jajaran pengawasa pemilu se Kabupaten Purworejo dalam keadaan sehat.

    Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Purworejo Didik Budi Prasetyo SSos MM menjelaskan rapid test tersebut akan dilaksanakan oleh jaringan dinas kesehatan melalui unit pelayanan kesehatan Puskesmas yang tersebar di seluruh wilayah di Kabupaten Purworejo.

    Dengan adanya rapid tersebut kata Didik, diharapkan tingkat kepercayaan publik terhadap pengawas pemilu semakin meningkat. “Masyarakat semakin yakin bahwa pengawas pemilu yang menjalankan tugas benar-benar terbebas dari covid-19,” katanya.

    “Rencananya rapid test akan dijadwalkan di akhir bulan Juli atau awal Agustus 2020. Pengawas yang akan di rapid dari tingkat Kabupaten yakni sebanyak 15 orang, Panwaslu Kecamatan 48 orang, dan Pengawas Kelurahan/Desa 494 orang," kata Didik.(ndi)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top