• Berita Terkini

    Selasa, 18 Agustus 2020

    Puluhan Anggota Pramuka Dewasa di Purworejo dapat Penghargaan

    PURWOREJO- Sebanyak 21 orang Anggota Pramuka Dewasa Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Purworejo menerima Penghargaan Lencana Darma Bhakti Tahun 2020 dan Penghargaan Lencana Panca Warsa.

    Penyematan tanda penghargaan tersebut dilakukan oleh Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Purworejo, Drs Pram Prasetyo Achmad MM, dalam Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-59 Pramuka Tahun 2020, di Sanggar Bhakti Pramuka Purworejo.

    Penerima Penghargaan Lencana Darma Bhakti dari Kwarnas sebanyak 2 orang dan penerima penghargaan Lencana Panca Warsa dari Kwarda Jawa Tengah sebanyak 19 orang.

    Lencana Dharma Bakti adalah penghargaan bagi anggota Pramuka dengan minimal mengabdikan 20 tahun. Sementara penghargaan Panca warsa adalah penghargaan yang diberikan kepada anggota pramuka yang pengabdian dirinya selama kelipatan 5 tahun.

    Pram Prasetyo dalam sambutannya membacakan amanat Ketua Kwarnas Pramuka, Komjen Pol (Purn) Budi Waseso, menyampaikan bahwa jumlah anggota Gerakan Pramuka di Indonesia saat ini diperkirakan mencapai 25 juta orang. Hal ini merupakan yang terbesar di antara organisasi kepramukaan di seluruh dunia yang jumlahnya sebanyak 54 juta orang.

    “Jumlah besar ini merupakan potensi yang sangat bermanfaat apabila dapat dimaksimalkan pembinaannya. Karenanya, bantuan pemerintah dan semua pihak sangat diharapkan, agar Gerakan Pramuka dapat semakin berkembang untuk menjadi bagian penting dalam mewujudkan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang adil dan sejahtera,” katanya.

    Menurutnya, sesuai tema HUT ke-59 Pramuka, penanggulangan bencana dan bela negara menjadi dasar kegiatan bagi Kwarcab Pramuka Purworejo. Kwarcab juga telah mengembalikan dana hibah kegiatan Pramuka ke pemerintah. Dari alokasi yang diterima sebesar Rp600 juta, dikembalikan Rp267 juta untuk membantu penanganan Covid-19 di Purworejo.

    “Di masa pandemi ini, ada beberapa kegiatan yang mengarah kesana. Kiprah Kwarcab Pramuka Purworejo diantaranya dengan membantu kegiatan pemerintah atau kelompok atau lainnya,” sebutnya.(ndi)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top