• Berita Terkini

    Senin, 17 Agustus 2020

    Pandemi Covid, Peringatan HUT RI di Kebumen Tetap Khidmat

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Perayaan HUT Kemerdekaan RI di jajaran Pemkab Kebumen tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Alih-alih gegap gempita, kesederhanaan begitu terasa. Namun demikian, rangkaian kegiatan berlangsung khidmat.

    Diawali pada Senin (17/8/2020), Pemkab menggelar apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Bumi Wira Bhakti Kebumen sekitar pukul 00.05 WIB. Hadir Bupati KH Yazid Mahfudz beserta jajaran.  Rombongan Bupati tiba sekitar pukul 00.05 WI. Setibanya di lokasi, Yazid Mahfudz  langsung memasuki area TMP lewat gerbang utama.

    Upacara juga dihadiri Ketua DPRD Kebumen Sarimun, Wakil Bupati Arif Sugiyanto, Kapolres AKBP Rudy Cahya Kurniawan, Dandim 0709 Letkol Kav MS Prawira Negara Matondang, Kepala Kejari Kebumen Slamet Riyanto dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Kebumen.

    Saat upacara berlangsung, lampu di sekitar TMP di Jalan Tentara Pelajar Kebumen dipadamkan. Sedangkan, kawasan TMP  dijaga personel TNI dan Polri.
    Kapolres AKBP Rudy Cahya Kurniawan, yang bertindak sebagai inspektur upacara membacakan naskah renungan suci. Dia juga memimpin proses mengheningkan cipta.

    "Kami yang hadir hari ini, Senin 17 Agustus 2020 pukul 00.00 WIB, pada upacara apel kehormatan dan renungan suci untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang sudah bersemayam di taman makam pahlawan ini," ujar Rudy.

    Adapun para pahlawan yang dimakamkan di TMP Bumi Wira Bhakti Kebumen, terdiri 84 TNI, 8 Polri, 3 pejuang rakyat dan 2 pahlawan tidak dikenal.  Upacara itu ditutup dengan penghormatan terakhir untuk arwah para pahlawan. Sekitar pukul 00.23 WIB, Senin 17 Agustus 2020  upacara tersebut selesai.

    Usai upacara, Bupati Yazid Mahfudz, mengatakan renungan suci dilakukan untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan. Sebab, mereka itulah yang telah berjuang memerdekaan Bangsa Indonesia.  "Kita wajib  meneruskan perjuangan beliau para pejuang mengusir penjajah di medan perang. Kita teruskan perjuangan beliau untuk membangun Kebumen khususnya dan Indonesia pada umumnya," tandasnya.

    Rangkaian kegiatan dilanjutkan Senin pagi. Pemerintah Kabupaten Kebumen mengikuti pelaksanaan detik-detik proklamasi dalam rangka peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia secara virtual. Upacara dipusatkan di Ruang Arungbinang Komplek Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen, Senin 17 Agustus 2020.

    Kegiatan tersebut dihadiri Bupati KH Yazid Mahfudz, Wakil Bupati Arif Sugiyanto, Ketua DPRD Sarimun, Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan. Dandim 0709 Letkol Kav MS Prawira Negara Matondang, Kepala Kejari Kebumen Slamet Riyanto dan Sekda Kebumen Ahmad Ujang Sugiono.

    Mereka mengikuti  Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang disiarkan langsung dari Istana Merdeka, Jakarta. Hal ini karena negara sedang dilanda wabah Covid-19.

    Semua peserta upacara dibatasi termasuk pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka). Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Presiden RI, Jokowi selaku Inspektur Upacara.

    Di sisi lain, sebanyak 60 warga binaan Rutan Kebumen mendapat remisi. Kepala Rutan Kebumen, Soebiyakto mengatakan dari 60 warga binaan rutan kebumen tersebut mendapatkan remisi bervariasi mulai dari jangka satu hingga empat bulan.

    Ia menjelaskan dari sejumlah warga binaan itu pada tahun 2020 ini RU1 O dan RU2 sebanyak 60 orang. bagi warga binaan yang mendapatkan remisi yang memiliki persyarakatan telah menjalani hukuman minimal selama 6 bulan dan berkelakuan baik.

    Disebutkan paling banyak mendapatkan remisi untuk empat bulan. Sementara itu jumlah warga binaan di rutan kebumen ada 165 orang dan 90 narapidana. "Ada yang mendapat satu bulan ada yang empat bulan, tahun ini tidak ada yang langsung bebas tahun ini istilahnya RU1 itu 0 dan RU2 itu yang 60 orang," katanya.

    Soebiyakto melanjutkan dimasa pandemi covid19 ini hingga saat ini rutan Kebumen belum melayani jam besuk. Namun pihaknya menyediakan sarana video call dan telepon untuk berkomunikasi dengan keluarga.

    "Untuk saat ini belum ada besuk, namun kita sediaka fasilitas video pada saat jam kerja hingga pukul 16.00 WIB," katanya didampingi Kasie Pelayanan Rutan Kebumen Baehaqi. (fur/*/cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top