• Berita Terkini

    Kamis, 06 Agustus 2020

    Indahnya Hari Raya Kurban di Rutan Kebumen

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Hari raya Idul Kurban juga mendatangkan kebahagiaan tersendiri bagi para warga binaan Rutan Kebumen. Di kesempatan tahun ini, pihak Rutan memotong 2 ekor hewan kurban yakni sapi dan kambing.

    Para napi itupun menyambut antusias. Kurban sapi bantuan dari Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, dan satu ekor kambing dari petugas Rutan itupun membuat para napi dapat merayakan Idul Adha.

    Kepala Rutan Kelas II B Kebumen Soebiyakto mengatakan, daging hasil penyembelihan dua hewan kurban tersebut akan dimasak untuk dirasakan oleh warga binaan. Pihaknya berharap, momen ini bisa lebih meningkatkan kesadaran warga binaan untuk senantiasa dan bersyukur serta berprilaku baik dalam kehidupan sehari hari.
    "Semoga dengan beberpa bantua hewan kurban ini, bisa  memberikan suasana kehangatan di dalam jeruji besi," ujarnya.

    Terkait jumlah warga binaan, Soebiyakto menjelaskan, hingga saat ini berjumlah 143 orang terdiri dari 80 orang napi dan 63 tahanan. Sedangkan untuk kasusnya didominasi pencurian dan asusila, sisanya kasus narkoba dan kejahatan lainya. "Untuk kasus rata rata pencurian dan asusila. Sisanya narkoba," imbuhnya.

    Ditambahkanya, guna mencegah penularasan covid 19 dilingkungan Rutan, sejauh ini pihaknya telah menerapkan protokol kesehatan, seperti menyediakan tempat cuci tangan, pengecekan suhu badan bagi tahanan yang baru masuk ke rutan, serta larangan membesuk.  Khusus tahanan yang baru mau masuk, kita wajibkan untuk dilengkapi surat keterangan hasil rapid test non reaktif," ujar Soebiyakto. (*)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top